Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menjelaskan Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Seri Kelas V SD Wedarijaksa 03. Menulis adalah suatu kegiatan komunikasi berupa penyampaian pesan secara tertulis kepada pihak lain dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Think talk write adalah model pembelajaran yang mengembangkan proses berpikir, berbicara, dan menulis. Berpikir dalam memahami maksud dari tugasnya, berbicara atau berdiskusi dengan kelompoknya mengutarakan pendapat tentang isi tugas dan menuliskan hasil diskusi kelompok tentang isi dari tugas tersebut. Media gambar adalah media dalam bentuk gambar yang membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga lebih mudah untuk diterima oleh siswa dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas V SD Wedarijaksa 03 dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran think talk write dan media gambar seri. Variabel terikatnya adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model think talk write berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis narasi siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari rata-rata skor 82,15 dengan kategori “sangat tinggi” menjadi 92,85 dengan kategori “sangat tinggi” (2) aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari 29,97 dengan kategori “tinggi” menjadi 34,57 dengan kategori “tinggi” (3) keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I ke siklus II juga meningkat dari 73,3% menjadi 86,7%. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model think talk write berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Wedarijaksa 03 Pati, dan saran dalam penelitian ini guru hendaknya menerapkan model think talk write berbantuan media gambar seri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V.