ctrlnum 8994
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/8994/</relation><title>PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS V MATERI PERNAPASAN MANUSIA</title><creator>RIYADI, MUHAMMAD EKO</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PjBL berbantuan kolase untuk meningkatkan kreativitas pada siswa kelas V di SDN 1 Karangtalun materi pernapasan manusia. Peningkatan kreativitas siswa diukur dalam 3 aspek yaitu aspek berpikir kreatif diukur menggunakan tes evaluasi berpikir kreatif, aspek sikap kreatif diukur menggunakan lembar observasi sikap kreatif, aspek keterampilan membuat karya diukur menggunakan lembar penilaian proyek dan produk.&#xD; PjBL adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan ciri kahasnya yaitu membuat suatu proyek yang ujungnya menghasilkan produk bernilai dan realistik. Pembelajaran ini didukung dengan sebuah kegiatan membuat kolase. Kolase adalah kreasi yang menggabungkan teknik menggambar dan menempel. Kegiatan kolase ini ditujukan untuk meningkatkan kreativitas pada siswa. Kreativitas adalah potensi yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap siswa berupa pemikiran, sikap, dan perbuatan dalam hal untuk menciptakan sesuatu yang baru baik itu sebuah gagasan, pandangan maupun produk baru. &#xD; Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN 1 Karangtalun dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model PjBL berbantuan kolase. Sedangkan variabel terikat adalah kreativitas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif&#xD; Hasil Penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kreativitas siswa pada siklus I dan siklus II. Kreativitas siswa pada siklus I memperoleh presentase sebesar 72,15% (kreatif) yang meliputi aspek berpikir kreatif sebesar 63% (cukup kreatif), aspek sikap kreatif sebesar 67,37% (cukup kreatif), aspek keterampilan membuat karya sebesar 86,09% (kreatif). Peningkatan yang terjadi pada siklus II memperoleh presentase sebesar 78,71% (kreatif) yang meliputi aspek berpikir kreatif sebesar 80% (kreatif), aspek sikap kreatif sebesar 75,52% (kreatif), aspek keterampilan membuat karya sebesar 89,38 (kreatif).&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas V di SDN 1 Karangtalun dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berbantuan kolase dapat meningkatkan kreativitas pada siswa kelas V di SDN 1 Karangtalun. Peneliti Berharap agar model PjBL dapat digunakan dan dikembangkan guna meningkatkan mutu pembelajaran.</description><date>2018-04</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/1/Hal.%20Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> RIYADI, MUHAMMAD EKO (2018) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS V MATERI PERNAPASAN MANUSIA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>8994</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author RIYADI, MUHAMMAD EKO
title PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS V MATERI PERNAPASAN MANUSIA
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/8994/1/Hal.%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8994/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8994/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8994/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8994/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8994/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8994/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8994/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8994/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8994/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PjBL berbantuan kolase untuk meningkatkan kreativitas pada siswa kelas V di SDN 1 Karangtalun materi pernapasan manusia. Peningkatan kreativitas siswa diukur dalam 3 aspek yaitu aspek berpikir kreatif diukur menggunakan tes evaluasi berpikir kreatif, aspek sikap kreatif diukur menggunakan lembar observasi sikap kreatif, aspek keterampilan membuat karya diukur menggunakan lembar penilaian proyek dan produk. PjBL adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan ciri kahasnya yaitu membuat suatu proyek yang ujungnya menghasilkan produk bernilai dan realistik. Pembelajaran ini didukung dengan sebuah kegiatan membuat kolase. Kolase adalah kreasi yang menggabungkan teknik menggambar dan menempel. Kegiatan kolase ini ditujukan untuk meningkatkan kreativitas pada siswa. Kreativitas adalah potensi yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap siswa berupa pemikiran, sikap, dan perbuatan dalam hal untuk menciptakan sesuatu yang baru baik itu sebuah gagasan, pandangan maupun produk baru. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN 1 Karangtalun dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model PjBL berbantuan kolase. Sedangkan variabel terikat adalah kreativitas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif Hasil Penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kreativitas siswa pada siklus I dan siklus II. Kreativitas siswa pada siklus I memperoleh presentase sebesar 72,15% (kreatif) yang meliputi aspek berpikir kreatif sebesar 63% (cukup kreatif), aspek sikap kreatif sebesar 67,37% (cukup kreatif), aspek keterampilan membuat karya sebesar 86,09% (kreatif). Peningkatan yang terjadi pada siklus II memperoleh presentase sebesar 78,71% (kreatif) yang meliputi aspek berpikir kreatif sebesar 80% (kreatif), aspek sikap kreatif sebesar 75,52% (kreatif), aspek keterampilan membuat karya sebesar 89,38 (kreatif). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas V di SDN 1 Karangtalun dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berbantuan kolase dapat meningkatkan kreativitas pada siswa kelas V di SDN 1 Karangtalun. Peneliti Berharap agar model PjBL dapat digunakan dan dikembangkan guna meningkatkan mutu pembelajaran.
id IOS3090.8994
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-06-19T22:48:22Z
last_indexed 2018-06-19T22:48:22Z
recordtype dc
_version_ 1765996281815105536
score 17.13294