PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS V MATERI PERNAPASAN MANUSIA
Main Author: | RIYADI, MUHAMMAD EKO |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/8994/1/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/ http://eprints.umk.ac.id |
ctrlnum |
8994 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/8994/</relation><title>PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS V MATERI PERNAPASAN MANUSIA</title><creator>RIYADI, MUHAMMAD EKO</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PjBL berbantuan kolase untuk meningkatkan kreativitas pada siswa kelas V di SDN 1 Karangtalun materi pernapasan manusia. Peningkatan kreativitas siswa diukur dalam 3 aspek yaitu aspek berpikir kreatif diukur menggunakan tes evaluasi berpikir kreatif, aspek sikap kreatif diukur menggunakan lembar observasi sikap kreatif, aspek keterampilan membuat karya diukur menggunakan lembar penilaian proyek dan produk.
PjBL adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan ciri kahasnya yaitu membuat suatu proyek yang ujungnya menghasilkan produk bernilai dan realistik. Pembelajaran ini didukung dengan sebuah kegiatan membuat kolase. Kolase adalah kreasi yang menggabungkan teknik menggambar dan menempel. Kegiatan kolase ini ditujukan untuk meningkatkan kreativitas pada siswa. Kreativitas adalah potensi yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap siswa berupa pemikiran, sikap, dan perbuatan dalam hal untuk menciptakan sesuatu yang baru baik itu sebuah gagasan, pandangan maupun produk baru. 
Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN 1 Karangtalun dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model PjBL berbantuan kolase. Sedangkan variabel terikat adalah kreativitas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif
Hasil Penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kreativitas siswa pada siklus I dan siklus II. Kreativitas siswa pada siklus I memperoleh presentase sebesar 72,15% (kreatif) yang meliputi aspek berpikir kreatif sebesar 63% (cukup kreatif), aspek sikap kreatif sebesar 67,37% (cukup kreatif), aspek keterampilan membuat karya sebesar 86,09% (kreatif). Peningkatan yang terjadi pada siklus II memperoleh presentase sebesar 78,71% (kreatif) yang meliputi aspek berpikir kreatif sebesar 80% (kreatif), aspek sikap kreatif sebesar 75,52% (kreatif), aspek keterampilan membuat karya sebesar 89,38 (kreatif).
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas V di SDN 1 Karangtalun dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berbantuan kolase dapat meningkatkan kreativitas pada siswa kelas V di SDN 1 Karangtalun. Peneliti Berharap agar model PjBL dapat digunakan dan dikembangkan guna meningkatkan mutu pembelajaran.</description><date>2018-04</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/1/Hal.%20Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8994/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> RIYADI, MUHAMMAD EKO (2018) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS V MATERI PERNAPASAN MANUSIA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>8994</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
RIYADI, MUHAMMAD EKO |
title |
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS V MATERI PERNAPASAN MANUSIA |
publishDate |
2018 |
topic |
Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/8994/1/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/8994/ http://eprints.umk.ac.id |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PjBL berbantuan kolase untuk meningkatkan kreativitas pada siswa kelas V di SDN 1 Karangtalun materi pernapasan manusia. Peningkatan kreativitas siswa diukur dalam 3 aspek yaitu aspek berpikir kreatif diukur menggunakan tes evaluasi berpikir kreatif, aspek sikap kreatif diukur menggunakan lembar observasi sikap kreatif, aspek keterampilan membuat karya diukur menggunakan lembar penilaian proyek dan produk.
PjBL adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan ciri kahasnya yaitu membuat suatu proyek yang ujungnya menghasilkan produk bernilai dan realistik. Pembelajaran ini didukung dengan sebuah kegiatan membuat kolase. Kolase adalah kreasi yang menggabungkan teknik menggambar dan menempel. Kegiatan kolase ini ditujukan untuk meningkatkan kreativitas pada siswa. Kreativitas adalah potensi yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap siswa berupa pemikiran, sikap, dan perbuatan dalam hal untuk menciptakan sesuatu yang baru baik itu sebuah gagasan, pandangan maupun produk baru.
Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN 1 Karangtalun dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model PjBL berbantuan kolase. Sedangkan variabel terikat adalah kreativitas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif
Hasil Penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kreativitas siswa pada siklus I dan siklus II. Kreativitas siswa pada siklus I memperoleh presentase sebesar 72,15% (kreatif) yang meliputi aspek berpikir kreatif sebesar 63% (cukup kreatif), aspek sikap kreatif sebesar 67,37% (cukup kreatif), aspek keterampilan membuat karya sebesar 86,09% (kreatif). Peningkatan yang terjadi pada siklus II memperoleh presentase sebesar 78,71% (kreatif) yang meliputi aspek berpikir kreatif sebesar 80% (kreatif), aspek sikap kreatif sebesar 75,52% (kreatif), aspek keterampilan membuat karya sebesar 89,38 (kreatif).
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas V di SDN 1 Karangtalun dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL berbantuan kolase dapat meningkatkan kreativitas pada siswa kelas V di SDN 1 Karangtalun. Peneliti Berharap agar model PjBL dapat digunakan dan dikembangkan guna meningkatkan mutu pembelajaran. |
id |
IOS3090.8994 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2018-06-19T22:48:22Z |
last_indexed |
2018-06-19T22:48:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996281815105536 |
score |
17.13294 |