Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan diterapkannya model Problem Based Learning berbantuan media kartu soal, (2) menjelaskan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model problem based learning berbantuan mediakartu soal, (3) mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media kartu soal. Kemampuan Berpikir kritis matematika merupakan kemampuan seseorang siswa menemukan berbagai macam cara atau strategi yang tepat untuk menyelesaiakan permasalahan pada soal matematika. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, sehingga dapat merangsang kemampuan berpikirnya. Media kartu soal merupakan media pembelajaran berbentuk kartu yang berisi soal permasalahan yang harus diselesaikan oleh siswa. Penggunaan media kartu soal ini, bertujuan untuk membuat siswa lebih aktif menggunakan otaknya untuk berpikir secara sistematis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Geneng Demak dengan jumlah siswa 18. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yakni model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan variabel terikat yakni kemampuan berpikir kritis matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada siklus I (61,11%) dan pada siklus II (77,78%); 2) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan perolehan skor 56,88% (cukup) menjadi 80,90% (sangat baik) pada siklus II; 3) terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I sebesar 72,76% (baik) dan pada siklus II 86,67% (sangat baik). Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan media kartu soal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Disarankan untuk menggunakan model problem based learning agar siswa dapat mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah, sehingga kemampuan berpikir kritis matematika mereka dapat berkembang.