PENERAPAN METODE FIELD TRIP BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SD 4 PRAMBATAN KIDUL KUDUS
Main Author: | ABSHOR, DEVY AUFIA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/8943/1/A%20HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/8943/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/8943/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/8943/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/8943/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/8943/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/8943/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/8943/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/8943/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/8943/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode field trip berbantuan media lingkungan untuk peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD 4 Prambatan Kidul Kudus. Salah satu jenis keterampilan menulis adalah karangan deskripsi. Upaya yang dilakukan pada penelitian ini adalah menerapkan metode field trip berbantuan media lingkungan. Hipotesis tindakan pada penelitian ini yaitupenerapan metode field trip berbantuan media lingkungan dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 4 Prambatan Kidul Kudus dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu metode field trip berbantuan media lingkungan, sedangkan variabel terikatnya yaitu keterampilan menulis karangan deskripsi. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata persentase sebesar 89,07% berkategori sangat tinggi dan meningkat pada siklus II yaitu 95,32% dengan kategori sangat tinggi,(2) aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I memperoleh skor rata-rata persentase 75,62% berkategori tinggi, meningkat pada siklus II yaitu 80,19% dengan kategori sangat tinggi, (3) keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan 78,57% berkategori tinggi dan meningkat pada siklus II yaitu 89,29% dengan kategori sangat tinggi.