PENGGUNAAN MEDIA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Main Author: Kusmanto, Agung Slamet
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Badan Penerbit UMK , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/8658/1/cover_TELCECON.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8658/2/Hal_Daftar_Isi_TELCECON.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8658/3/artikel.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8658/
http://jurnal.umk.ac.id
Daftar Isi:
  • Dalam pelayanan bimbingan dan konseling, tidak sedikit siswa yang masih merasa bahwa bimbingan dan konseling (BK) merupakan sosok yang menakutkan baginya. Padahal pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah ada dengan tujuan untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah dan mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Media merupakan Sasaran akhir dari teknologi pelayanan adalah memudahkan belajar bagi pebelajar. Dan untuk itu, teknologi-teknologi di bidang ini berkembang untuk memenuhi kebutuhan setiap pebelajar sesuai dengan karakteristiknya. Untuk itu dibutuhkan alat bantu dalam pelayanannya, salah satunya menggunakan media pelayanan. Media pelayanan sebagai bagian dari teknologi pelayanan memiliki enam manfaat potensial dalam memecahkan masalah pelayanan. Empat manfaat tersebut adalah: 1). Meningkatkan produktivitas pendidikan. 2). Memberikan kemungkinan pelayanan BK dan pelayanan yang sifatnya individual. 3). Memberikan dasar lebih ilmiah pada pelayanan BK dan pelayanan 4). Pelayanan BK dan pelayanan lebih mantap. Beberapa temuan mengemukakan interaksi antara penggunaan media pelayanan dan karakteristik pelajar dalam menentukan hasil belajar. Artinya bahwa akan mendapat keuntungan yang sigifikan bila ia belajar dengan menggunakan media yang sesuai dengan karakteristiknya. Atas dasar ini, maka prinsip penyesuaian jenis media yang akan digunakan dalam kegiatan pelayanan BK dan pelayanan dengan karakteristik individual pelajar, menjadi semakin mantap.