Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara self efficacy dan dukungan orangtua terhadap kecemasan memasuki perguruan tinggi pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII yang berada di SMA N 1 Nalumsari, Jepara yang berjumlah 175 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Dan alat yang digunakan untuk memperoleh data adalah skalaself efficacy, skala dukungan orangtua, dan skala kecemasan. Adapun analisis data menggunakan analisis regresi dimana perhitungan menggunakan komputer dengan program SPSS for Windows, diperoleh koefesien korelasi dari ketiga variabelr_(x_1,2 y) 0,542dengan p sebesar 0,000a (p<0,01)dengan sumbangan efektif sebesar 29,4%. Hasil analisis variabel self efficacy( x1 ) dengan kecemasan ( y ) diperolehr_(x_1 y)sebesar0,535 dengan p sebesar 0,000 (p<0.01). Besar sumbangan efektif variabel self efficacy dengan kecemasan sebesar 28,6%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif sangat signifikan antara variabel self efficacy dengan kecemasan, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Hasil analisis variabel dukungan orangtua( x2 ) dengan kecemasan ( y ) diperolehr_(x_2 y)sebesar -0,340 dengan besaran p sebesar 0,003 (p<0,01). Besar sumbangan efektif variabel dukungan orangtua dengan kecemasan sebesar 11,6%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara variabel dukungan orangtua dengan kecemasan, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.