Perancangan Sistem Informasi Geografis Optical Distribution Point (Odp) Jaringan Akses Pt. Telkom Witel Kudus (Studi Kasus Untuk Wilayah Kerja Kabupaten Kudus)
Main Author: | NUGRAHA, APRILIANA EKA SANDY |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/8405/1/Halaman_judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/8405/2/BAB_1.pdf http://eprints.umk.ac.id/8405/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/8405/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/8405/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/8405/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/8405/7/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/8405/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/8405/ |
Daftar Isi:
- PT. Telkom Witel Kudus merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan layanan telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak bergerak, komunikasi seluler, layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data. Kebutuhan akan informasi aset dan peralatan yang terpasang pada titik lokasi pemasangan sangat dibutuhkan oleh pihak PT. Telkom Witel Kudus. Banyaknya peralatan yang terpasang di setiap lokasi pemasangan sangat menyulitkan untuk di identifikasi oleh petugas dilapangan, dikarenakan minimnya informasi yang terdapat di lapangan. PT. Telkom meluncurkan produk layanan internet dan komunikasi data yang bernama Indhihome dengan dukungan kabel Fiber Optik, yang mempunyai kwalitas kecepetan sangat baik. Banyaknya infrastruktur jaringan untuk kabel fiber optik yang hampir menyeluruh untuk Kabup[aten Kudus, maka terdapat banyak sekali titik-titik optical distribution point (ODP). Banyaknya titik ODP di wilayah Kabupaten Kudus menjadi kendala dalam proses pengecekan jaringan, diperparah lagi dengan kondisi petugas lapangan yang sebagian besar adalah pegawai baru yang belum mengenal seluk beluk lapangan. Petugas sering mengalami kendala dilapangan untuk mengetahui titik lokasi ODP, sehingga akan menghambat kinerja untuk pemantauan dan perbaikan jaringan. PT. Telkom belum memiliki sistem yang dapat melihat titik ODP dan memetakannya. Data yang dimiliki PT. Telkom adalah data textual yang berisi kode ODP dan lokasi atau alamat ODP, kondisi ini menjadi kendala untuk menunjang kinerja petugas lapangan sehingga berakibat kurangnya pelayanan bagi pelanggan yang berdampak pada integritas dari PT. Telkom. Dengan membangun sistem informasi geografis optical distribution point (ODP) jaringan akses pada PT. Telkom Witel Kudus untuk wilayah kerja Kabupaten Kudus diharapkan dapat membantu memberikan informasi mengenai titik lokasi ODP dan memetakannya dengan menggunakan peta online dengan dukungan dari peta Google, sehingga memberikan kemudahan bagi petugas dilapanagan untuk mencari titik lokasi ODP dan memberikan dukungan informasi terkait dengan kode ODP.