Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik perbedaan empati dan regulasi emosi dalam perilaku bullying antara mahasiswa laki-laki dan perempuan yang mengikuti UKM. Subjek dalam penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa laki-laki dan perempuan yang mengikuti UKM menwa, mapala, sekam, dan racana dengan melibatkan 80 mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala empati dan skala regulasi emosi. Hasil analisis data dengan program SPSS 15,0 for Windows diperoleh koefesien uji t-(test) pada empatidan regulasi emosi laki-laki dengan nilai mean sebesar 124,28 perempuan sebesar 113,65 dan diketahui nilai koefesien korelasi regulasi emosi dan empati pada laki-laki dan perempuan dengan koefesien sebesar 0,060 (p>0,05) yang menunjukkan tidak ada perbedaan empati dan regulasi emosi dalam perilaku bullying antara mahasiswa laki-laki dan perempuan yang mengikuti UKM. Hasil analisis perbedaan empati laki laki dan perempuan diketahui t laki-laki sebesar 45,345 dan t perempuan sebesar 46,816 dengan nilai dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,01) hal ini menunjukkan terdapat perbedaan empati terhadap perilaku bullying yang significant antara laki-laki dan perempuan, perempuan memiliki kemampuan dalam berempati lebih besar dibandingkan dengan laki-laki. Hasil analisis regulasi emosi laki-laki dan perempuan diketahui nilai t laki-laki sebesar 56,188 dan nilai t perempuan sebesar 44,159 dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,01) hal ini menunjukkan terdapat perbedaan regulasi emosi terhadap perilaku bullying yang significant antara laki-laki dan perempuan yang mengikuti UKM.