ctrlnum 8149
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi&#xD; Pada Siswa Kelas Viii G Smp 5 Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; </title><creator>KHULSUM , UMI </creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah: 1.Mendiskripsikan Layanan Penguasaan&#xD; Konten dengan Teknik Simulasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional bagi siswa kelas VIII G SMP 5 Kudus tahun ajaran 2017/2018. 2. Memperoleh&#xD; peningkatan kecerdasan emosional siswa kelas VIII G SMP 5 Kudus sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi.&#xD; Kecerdasan emosional adalah kemampuan siswa dalam mengenali emosi diri sendiri, mengelola dan mengekspresikan emosi diri sendiri secara tepat, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan sosial baik itu di lingkungan maupun di sekolah. Layanan penguasaan konten adalah suatu layanan bimbingan konseling yang dilakukan secara individu maupun kelompok untuk memberikan bantuan kepada siswa sehingga mampu memahami, mengembangkan dan menguasai konten tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa sehingga berguna dalam kehidupan sehari-hari.Teknik simulasi adalah suatu teknik metode pembelajaran yang memberikan penyajian berupa pelajaran dengan merepresentasikan atau meniru kondisi real dalam bentuk bilangan atau simbol sehingga menjadi mudah untuk dipelajari.&#xD; Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII G, sebanyak 34 siswa yang mempunyai kecerdasan emosional yang rendah. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus (siklus 1 dan siklus 2). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap pertemuan membahas materi dengan alokasi waktu 40 menit. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif.&#xD; Hasil penelitian pra siklus Kecerdasan Emosional siswa menunjukan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 17. Siklus I Kecerdasan Emosional siswa mengalami peningkatan dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 27,2 yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 10,2 dari pra siklus. Siklus II Kecerdasan Emosional siswa dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 42 yang berarti ada peningkatan. Peningkatan aktivitas siswa dalam Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Simulasi mengalami peningkatan pada siklus I&#xD; skor rata-rata 27,2 dalam kategori cukup dan pada siklus II skor rata-rata 42 dalam kategori sangat baik.&#xD; Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan Kecerdasan Emosional siswa mulai dari Pra siklus skor rata-rata 17 kategori sangat kurang, Siklus I skor rata-rata 27,2 dalam kategori Cukup dan Siklus II skor rata-rata 42 dalam ketegori Sangat baik. Hasil penelitian aktivitas siswa pada Siklus I skor rata-rata 27,2 (Cukup) dan pada Siklus II skor rata-rata 42 (Sangat baik). Dengan demikian Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Simulasi efektif untuk meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Disarankan kepada: 1. Kepada&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; xi&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Kepala Sekolah, penelitian ini menunjukan bahwa layanan penguasaan konten sangat membantu siswa dalam meningkatkan Kecerdasan Emosional. 2. Kepada Guru Pembimbing, diharapkan dapat menerapkan metode pembelajaran yang yang variatif terutama pengguanaan teknik simulasi sebagai metode untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. 3. Kepada Siswa, agar dapat menyadari pentingnya memiliki kecerdasan emosional yang tinggi sehingga siswa dapat meningkatkan kecerdasan emosional mereka untuk menunjang perkembangan dalam lingkungan sosial mereka.&#xD; &#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8149/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8149/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8149/3/BAB_II_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8149/4/BAB_III_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8149/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8149/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8149/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8149/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8149/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>KHULSUM , UMI (2017) Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas Viii G Smp 5 Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, UMK.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8149/</relation><recordID>8149</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author KHULSUM , UMI
title Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas Viii G Smp 5 Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018
publishDate 2017
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/8149/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8149/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8149/3/BAB_II_.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8149/4/BAB_III_.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8149/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8149/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8149/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8149/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8149/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/8149/
contents Tujuan penelitian ini adalah: 1.Mendiskripsikan Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Simulasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional bagi siswa kelas VIII G SMP 5 Kudus tahun ajaran 2017/2018. 2. Memperoleh peningkatan kecerdasan emosional siswa kelas VIII G SMP 5 Kudus sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi. Kecerdasan emosional adalah kemampuan siswa dalam mengenali emosi diri sendiri, mengelola dan mengekspresikan emosi diri sendiri secara tepat, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan sosial baik itu di lingkungan maupun di sekolah. Layanan penguasaan konten adalah suatu layanan bimbingan konseling yang dilakukan secara individu maupun kelompok untuk memberikan bantuan kepada siswa sehingga mampu memahami, mengembangkan dan menguasai konten tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa sehingga berguna dalam kehidupan sehari-hari.Teknik simulasi adalah suatu teknik metode pembelajaran yang memberikan penyajian berupa pelajaran dengan merepresentasikan atau meniru kondisi real dalam bentuk bilangan atau simbol sehingga menjadi mudah untuk dipelajari. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII G, sebanyak 34 siswa yang mempunyai kecerdasan emosional yang rendah. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus (siklus 1 dan siklus 2). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap pertemuan membahas materi dengan alokasi waktu 40 menit. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian pra siklus Kecerdasan Emosional siswa menunjukan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 17. Siklus I Kecerdasan Emosional siswa mengalami peningkatan dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 27,2 yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 10,2 dari pra siklus. Siklus II Kecerdasan Emosional siswa dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 42 yang berarti ada peningkatan. Peningkatan aktivitas siswa dalam Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Simulasi mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 27,2 dalam kategori cukup dan pada siklus II skor rata-rata 42 dalam kategori sangat baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan Kecerdasan Emosional siswa mulai dari Pra siklus skor rata-rata 17 kategori sangat kurang, Siklus I skor rata-rata 27,2 dalam kategori Cukup dan Siklus II skor rata-rata 42 dalam ketegori Sangat baik. Hasil penelitian aktivitas siswa pada Siklus I skor rata-rata 27,2 (Cukup) dan pada Siklus II skor rata-rata 42 (Sangat baik). Dengan demikian Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Simulasi efektif untuk meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Disarankan kepada: 1. Kepada xi Kepala Sekolah, penelitian ini menunjukan bahwa layanan penguasaan konten sangat membantu siswa dalam meningkatkan Kecerdasan Emosional. 2. Kepada Guru Pembimbing, diharapkan dapat menerapkan metode pembelajaran yang yang variatif terutama pengguanaan teknik simulasi sebagai metode untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. 3. Kepada Siswa, agar dapat menyadari pentingnya memiliki kecerdasan emosional yang tinggi sehingga siswa dapat meningkatkan kecerdasan emosional mereka untuk menunjang perkembangan dalam lingkungan sosial mereka.
id IOS3090.8149
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:07Z
last_indexed 2018-04-01T00:36:05Z
recordtype dc
_version_ 1765996278098952192
score 17.13294