ctrlnum 8125
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Upaya Meningkatkan Kontrol Diri Dalam Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan&#xD; Teknik Permainan Simulasi Pada Siswa Kelas&#xD; Viii C Smp Negeri 1 Karanganyar Demak&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; </title><creator>IKTIFAIYAH , NILA FAJRI </creator><subject>Konsultas dan konseling pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah: 1. pelaksanaan penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Permainan Simulasi untuk meningkatkan Kontrol Diri dalam Pergaulan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanganyar Demak 2. Meningkatan Kontrol Diri dalam Pergaulan melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Permainan Simulasi pada siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Karangnyar Demak.&#xD; Kontrol diri dalam pergaulan adalah suatu aktivitas mengatur, mengarahkan, mengendalikan tingkah laku dalam bergaul atau berinteraksi dengan orang-orang dengan tujuan agar meningkatnya aktifitas tersebut menjadi lebih positif. Bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan bimbingan membahas suatu topik topik tertentu baik topik tugas maupun bebas, yang memanfaatkan dinamika kelompok yang menunjang kehidupan sehari-hari baik individu maupan masyarakat. Teknik permaian simulasi adalah suatu teknik dalam proses pembelajaran dengan melibatkan siswa secara aktif bermain dengan senang hati dan sukarela, bermain dengan contoh situasi yang seolah-olah permainan tersebut kejadian yang sebenarnya, dan dalam permianan ini, terdapat pembatasan waktu dan beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh siswa yang bermain simulasi. &#xD; Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kualitatif adalah salah satu metode penelitian berdasarkan pengumpulan data secara subjektif yang sedang dialami pihak yang diteliti. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanganyar Demak yang memiliki perilaku kontrol diri rendah dalam pergaulan sebanyak 8 siswa, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, secara mendalam sehingga nantinya mendapatkan data akurat terhadap permasalahan subjek.&#xD; Hasil observasi peneliti terhadap kontrol diri siswa dalam pergaulan mendapatkan hasil pra siklus dengan skor 16,2 kategori sangat kurang, siklus I pertemuan pertama rata-rata skor 21,2 kategori Kurang, pertemuan kedua siklus I rata-rata skor 26,5 dengan kategori cukup, pertemuan ketiga siklus I rata-rata skor 30,2 kategori Cukup, siklus II pertemuan pertama rata-rata skor siswa 33,6 kategori baik, siklus II pertemuan kedua mendapatkan rata-rata skor 38,2 kategori baik, siklus II pertemuan ketiga mendapatkan rata-rata 43,8 kategori sangat baik. Hasil observasi kolaborator terhadap peneliti siklus I pertemuan pertama mendapatkan skor 40 kategori rendah, siklus I pertemuan kedua peneliti mendapatkan skor 47 kategori rendah, siklus I pertemuan ketiga mendapatkan skor 52 kategori cukup, siklus II pertemuan pertama dengan skor 62 kategori cukup, pertemuan kedua siklus II mendapatkan skor 71 kategori baik, siklus II pertemuan ketiga peneliti mendapatkan skor 81 kategori sangat baik. &#xD; Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kontrol diri dalam pergaulan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Saran peneliti sampaian antara lain: 1. Kepala sekolah SMP N 1 Karanganyar Demak diharapkan kepala sekolah untuk menfasilitasi segala sesuatu yang berkaitan layanan yang dilakukan guru BK agar dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan untuk siswa-siswi SMP N 1 Karanganyar Demak. 2. Guru Pembimbing SMP N 1 Karanganyar Demak diharapkan guru pembimbing dapat memaksimalkan layanan bimbingan konseling di sekolah. 3. Siswa-Siswi SMP N 1 Karanganyar Demak diharapkan siswa-siswi memiliki kontrol diri dalam pergaulan, karena dengan mengontrol diri dalam pergaulan siswa mampu melindungi diri dari pengaruh pergaulan, siswa mampu memiliki pergaulan yang baik. 4. Kepada Peneliti selanjutnya diharapkan kepada peneliti yang mempraktikkan teori-teori layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi untuk meningkatkan kontrol diri dalam pergaulan.&#xD; </description><date>2017-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8125/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8125/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8125/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8125/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8125/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8125/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8125/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8125/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8125/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>IKTIFAIYAH , NILA FAJRI (2017) Upaya Meningkatkan Kontrol Diri Dalam Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Pada Siswa Kelas Viii C Smp Negeri 1 Karanganyar Demak. Skripsi Sarjana thesis, UMK.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8125/</relation><recordID>8125</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author IKTIFAIYAH , NILA FAJRI
title Upaya Meningkatkan Kontrol Diri Dalam Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Pada Siswa Kelas Viii C Smp Negeri 1 Karanganyar Demak
publishDate 2017
topic Konsultas dan konseling pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/8125/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8125/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8125/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8125/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8125/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8125/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8125/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8125/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8125/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/8125/
contents Tujuan penelitian ini adalah: 1. pelaksanaan penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Permainan Simulasi untuk meningkatkan Kontrol Diri dalam Pergaulan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanganyar Demak 2. Meningkatan Kontrol Diri dalam Pergaulan melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Permainan Simulasi pada siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Karangnyar Demak. Kontrol diri dalam pergaulan adalah suatu aktivitas mengatur, mengarahkan, mengendalikan tingkah laku dalam bergaul atau berinteraksi dengan orang-orang dengan tujuan agar meningkatnya aktifitas tersebut menjadi lebih positif. Bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan bimbingan membahas suatu topik topik tertentu baik topik tugas maupun bebas, yang memanfaatkan dinamika kelompok yang menunjang kehidupan sehari-hari baik individu maupan masyarakat. Teknik permaian simulasi adalah suatu teknik dalam proses pembelajaran dengan melibatkan siswa secara aktif bermain dengan senang hati dan sukarela, bermain dengan contoh situasi yang seolah-olah permainan tersebut kejadian yang sebenarnya, dan dalam permianan ini, terdapat pembatasan waktu dan beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh siswa yang bermain simulasi. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kualitatif adalah salah satu metode penelitian berdasarkan pengumpulan data secara subjektif yang sedang dialami pihak yang diteliti. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Karanganyar Demak yang memiliki perilaku kontrol diri rendah dalam pergaulan sebanyak 8 siswa, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, secara mendalam sehingga nantinya mendapatkan data akurat terhadap permasalahan subjek. Hasil observasi peneliti terhadap kontrol diri siswa dalam pergaulan mendapatkan hasil pra siklus dengan skor 16,2 kategori sangat kurang, siklus I pertemuan pertama rata-rata skor 21,2 kategori Kurang, pertemuan kedua siklus I rata-rata skor 26,5 dengan kategori cukup, pertemuan ketiga siklus I rata-rata skor 30,2 kategori Cukup, siklus II pertemuan pertama rata-rata skor siswa 33,6 kategori baik, siklus II pertemuan kedua mendapatkan rata-rata skor 38,2 kategori baik, siklus II pertemuan ketiga mendapatkan rata-rata 43,8 kategori sangat baik. Hasil observasi kolaborator terhadap peneliti siklus I pertemuan pertama mendapatkan skor 40 kategori rendah, siklus I pertemuan kedua peneliti mendapatkan skor 47 kategori rendah, siklus I pertemuan ketiga mendapatkan skor 52 kategori cukup, siklus II pertemuan pertama dengan skor 62 kategori cukup, pertemuan kedua siklus II mendapatkan skor 71 kategori baik, siklus II pertemuan ketiga peneliti mendapatkan skor 81 kategori sangat baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kontrol diri dalam pergaulan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Saran peneliti sampaian antara lain: 1. Kepala sekolah SMP N 1 Karanganyar Demak diharapkan kepala sekolah untuk menfasilitasi segala sesuatu yang berkaitan layanan yang dilakukan guru BK agar dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan untuk siswa-siswi SMP N 1 Karanganyar Demak. 2. Guru Pembimbing SMP N 1 Karanganyar Demak diharapkan guru pembimbing dapat memaksimalkan layanan bimbingan konseling di sekolah. 3. Siswa-Siswi SMP N 1 Karanganyar Demak diharapkan siswa-siswi memiliki kontrol diri dalam pergaulan, karena dengan mengontrol diri dalam pergaulan siswa mampu melindungi diri dari pengaruh pergaulan, siswa mampu memiliki pergaulan yang baik. 4. Kepada Peneliti selanjutnya diharapkan kepada peneliti yang mempraktikkan teori-teori layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi untuk meningkatkan kontrol diri dalam pergaulan.
id IOS3090.8125
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
recordtype dc
_version_ 1765996277705736192
score 17.13294