ctrlnum 8118
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Meningkatkan Sikap Toleransi Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulation Game Pada Siswa Kelas X Ma Nu Ibtidaul Falah Kudus&#xD; &#xD; </title><creator> NISA&#x2019; , INZATIN</creator><subject>Konsultas dan konseling pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan tindakan untuk meningkakan sikap toleransi pergaulan sebelum diberi Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulation Game pada siswa kelas X 3 MA NU Ibtidaul Falah Kudus. 2. Diperolehnya peningkatan sikap toleransi pergaulan setelah mendapatkan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulation Game pada siswa kelas X 3 MA NU Ibtidaul Falah Kudus.&#xD; Sikap toleransi pergaulan adalah perilaku setiap individu untuk bisa menciptakan kedamaian dan kerukunan dalam pergaulan dengan cara menerapkan nilai-nilai toleransi, sehingga di lingkungan sosial individu bisa saling menghargai perbedaan pendapat, sopan dalam bertutur kata, serta dapat bersikap lapang dada. Untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan siswa peneliti berupaya untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game.&#xD; Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan dan setiap pertemuan 45 menit. Subyek penelitian yakni 8 siswa kelas X3 MA NU Ibtidaul Falah Kudus yang memiliki sikap toleransi pergaulan rendah.&#xD; Hasil penelitian pra siklus sikap toleransi pergaulan siswa diperoleh persentase 36% masuk dalam ketegori sangat kurang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok siklus I diperoleh hasil 44% kategori kurang dan mengalami peningkatan 8%. Pada siklus II memperoleh hasil persentase 73% termasuk kategori baik dan mengalami peningkatan 29%.&#xD; Simpulan yang dapat di ambil dari hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game dapat efektif untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan pada siswa kelas X3 MA NU Ibtidaul&#xD; Falah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Disarankan untuk: 1. Kepada Siswa, siswa dapat memanfaatkan sarana dan prasarana konselor untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan. 2. Kepada Konselor, diharapakan mampu menjalin hubungan baik dengan siswa agar dapat menyampaikan permasalahan yang dialami. 3. Kepada Kepala Sekolah, diharapkan dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah.&#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8118/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8118/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8118/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8118/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8118/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8118/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8118/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8118/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8118/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>NISA&#x2019; , INZATIN (2017) Meningkatkan Sikap Toleransi Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulation Game Pada Siswa Kelas X Ma Nu Ibtidaul Falah Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8118/</relation><recordID>8118</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author NISA’ , INZATIN
title Meningkatkan Sikap Toleransi Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulation Game Pada Siswa Kelas X Ma Nu Ibtidaul Falah Kudus
publishDate 2017
topic Konsultas dan konseling pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/8118/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8118/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8118/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8118/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8118/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8118/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8118/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8118/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8118/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/8118/
contents Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan tindakan untuk meningkakan sikap toleransi pergaulan sebelum diberi Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulation Game pada siswa kelas X 3 MA NU Ibtidaul Falah Kudus. 2. Diperolehnya peningkatan sikap toleransi pergaulan setelah mendapatkan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulation Game pada siswa kelas X 3 MA NU Ibtidaul Falah Kudus. Sikap toleransi pergaulan adalah perilaku setiap individu untuk bisa menciptakan kedamaian dan kerukunan dalam pergaulan dengan cara menerapkan nilai-nilai toleransi, sehingga di lingkungan sosial individu bisa saling menghargai perbedaan pendapat, sopan dalam bertutur kata, serta dapat bersikap lapang dada. Untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan siswa peneliti berupaya untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan dan setiap pertemuan 45 menit. Subyek penelitian yakni 8 siswa kelas X3 MA NU Ibtidaul Falah Kudus yang memiliki sikap toleransi pergaulan rendah. Hasil penelitian pra siklus sikap toleransi pergaulan siswa diperoleh persentase 36% masuk dalam ketegori sangat kurang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok siklus I diperoleh hasil 44% kategori kurang dan mengalami peningkatan 8%. Pada siklus II memperoleh hasil persentase 73% termasuk kategori baik dan mengalami peningkatan 29%. Simpulan yang dapat di ambil dari hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation game dapat efektif untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan pada siswa kelas X3 MA NU Ibtidaul Falah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Disarankan untuk: 1. Kepada Siswa, siswa dapat memanfaatkan sarana dan prasarana konselor untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan. 2. Kepada Konselor, diharapakan mampu menjalin hubungan baik dengan siswa agar dapat menyampaikan permasalahan yang dialami. 3. Kepada Kepala Sekolah, diharapkan dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah.
id IOS3090.8118
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
recordtype dc
_version_ 1765996277667987456
score 17.13294