ctrlnum 8111
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Pada Siswa Sd Negeri 4 Gondangmanis&#xD; &#xD; &#xD; </title><creator> KHUSNA, NAILUL</creator><subject>Konsultas dan konseling pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam Keterampilan Berbicara, 2. Mendeskripsikan peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing siswa SD 4 Gondangmanis Bae Kudus.&#xD; Keterampilan berbicara merupakan suatu keterampilan mengungkapkan ide atau gagasan secara lisan didepan khalayak yang dapat diamati dari segi keaktifan seseorang dalam berbicara. Keterampilan yang dimaksud adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara lisan kepada orang lain dengan alat atau tanpa alat tentang apa yang harus disampaiakan dalam bentuk pesan ataupun informasi. Untuk mewujudkan hasil keterampilan berbicara yang baik peneliti berupaya untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing. Masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing dapat meningkatkan Keterampilan Berbicara siswa SD 4 Gondangmanis Bae Kudus.&#xD; Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV sebanyak 7 siswa yang mempunyai keterampilan berbicara rendah. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II ). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 50 menit.&#xD; Hasil penelitian pra siklus keterampilan berbicara menunjukkan kategori kurang dengan rata-rata skor 47%. Siklus I keterampilan berbicara mengalami peningkatan dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 55% yang mengalami peningkatan rata-rata 8% dari pra siklus. Siklus II keterampilan berbicara dalam kategori baik dengan rata-rata skor 73% yang berarti ada peningkatan 18%. Peningkatan aktivitas siswa dalam layanan Bimbingan kelompok teknik role playing mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 55% dalam kategori cukup dan pada siklus II skor rata-rata 73% dalam kategori baik.&#xD; Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan berbicara mulai dari pra siklus skor rata-rata 47% dalam kategori kurang, siklus I skor rata-rata 55% dalam kategori cukup, dan siklus II skor rata-rata 73%. Hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I aktivitas siswa dalam layanan Bimbingan kelompok teknik role playing mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 55% dalam kategori cukup dan pada siklus II skor rata-rata 73% dalam kategori baik. Dengan demikian layanan Bimbingan Kelompok teknik role playing efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD 4 Negeri Gondangmanis. Disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, hendaknya memberikan beberapa fasilitas kepada guru pembimbing/ konselor sekolah untuk melaksanakan layanan bimbingan kelompok kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa SD 4 Gondangmanis. 2. Kepada guru kelas, diharapkan mengefektifkan diskusi kelompok untuk permasalahan siswa, guna memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat mengadukan semua permasalahan yang menyangkut pada keterampilan berbicara. 3. Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan sarana prasarana sekolah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bidang akademik maupun non akademik. 4. Peneliti menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam memberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa SD Negeri 4 Gondangmanis. Untuk itu bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meningkatkan bidang akademik siswa para peneliti harus memperluas penelitian dengan menerapkan bimbingan dengan teknik yang lain, agar dapat lebih maksimal dalam melaksanakan layanan bimbingan.kelompok. &#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8111/1/HAL_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8111/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8111/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8111/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8111/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8111/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8111/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8111/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8111/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>KHUSNA, NAILUL (2017) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Pada Siswa Sd Negeri 4 Gondangmanis. Skripsi Sarjana thesis, UMK.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8111/</relation><recordID>8111</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author KHUSNA, NAILUL
title Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Pada Siswa Sd Negeri 4 Gondangmanis
publishDate 2017
topic Konsultas dan konseling pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/8111/1/HAL_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8111/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8111/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8111/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8111/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8111/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8111/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8111/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8111/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/8111/
contents Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam Keterampilan Berbicara, 2. Mendeskripsikan peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing siswa SD 4 Gondangmanis Bae Kudus. Keterampilan berbicara merupakan suatu keterampilan mengungkapkan ide atau gagasan secara lisan didepan khalayak yang dapat diamati dari segi keaktifan seseorang dalam berbicara. Keterampilan yang dimaksud adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara lisan kepada orang lain dengan alat atau tanpa alat tentang apa yang harus disampaiakan dalam bentuk pesan ataupun informasi. Untuk mewujudkan hasil keterampilan berbicara yang baik peneliti berupaya untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing. Masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing dapat meningkatkan Keterampilan Berbicara siswa SD 4 Gondangmanis Bae Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV sebanyak 7 siswa yang mempunyai keterampilan berbicara rendah. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II ). Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan alokasi waktu 50 menit. Hasil penelitian pra siklus keterampilan berbicara menunjukkan kategori kurang dengan rata-rata skor 47%. Siklus I keterampilan berbicara mengalami peningkatan dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 55% yang mengalami peningkatan rata-rata 8% dari pra siklus. Siklus II keterampilan berbicara dalam kategori baik dengan rata-rata skor 73% yang berarti ada peningkatan 18%. Peningkatan aktivitas siswa dalam layanan Bimbingan kelompok teknik role playing mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 55% dalam kategori cukup dan pada siklus II skor rata-rata 73% dalam kategori baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan berbicara mulai dari pra siklus skor rata-rata 47% dalam kategori kurang, siklus I skor rata-rata 55% dalam kategori cukup, dan siklus II skor rata-rata 73%. Hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I aktivitas siswa dalam layanan Bimbingan kelompok teknik role playing mengalami peningkatan pada siklus I skor rata-rata 55% dalam kategori cukup dan pada siklus II skor rata-rata 73% dalam kategori baik. Dengan demikian layanan Bimbingan Kelompok teknik role playing efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD 4 Negeri Gondangmanis. Disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, hendaknya memberikan beberapa fasilitas kepada guru pembimbing/ konselor sekolah untuk melaksanakan layanan bimbingan kelompok kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa SD 4 Gondangmanis. 2. Kepada guru kelas, diharapkan mengefektifkan diskusi kelompok untuk permasalahan siswa, guna memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat mengadukan semua permasalahan yang menyangkut pada keterampilan berbicara. 3. Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan sarana prasarana sekolah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bidang akademik maupun non akademik. 4. Peneliti menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam memberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa SD Negeri 4 Gondangmanis. Untuk itu bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meningkatkan bidang akademik siswa para peneliti harus memperluas penelitian dengan menerapkan bimbingan dengan teknik yang lain, agar dapat lebih maksimal dalam melaksanakan layanan bimbingan.kelompok.
id IOS3090.8111
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
recordtype dc
_version_ 1765996277629190144
score 17.13294