ctrlnum 8089
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi Menggunakan Model Visually, Auditory, Kinestetik&#xD; Berbantuan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Megawon Jati Kudus&#xD; &#xD; &#xD; </title><creator> NI&#x2019;MAH, SAFAATUN</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikanketerampilan guru dalam penerapan model visually, auditory, kinestetik (VAK) berbantuan media pop-updan mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran serta menemukan peningkatkan keterampilan menulis persuasi pada siswa kelas IV SD 1 Megawon Jati Kudus. &#xD; Keterampilan menulis adalah kemampuan seseorang yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah tulisan dengan cara memunculkan ide-ide baru yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Karangan Persuasi merupakan hasil tulisan seseorang yang berisi tentang kalimat ajakan dalam bentuk paragraf secara jelas dan rinci. Model visually, auditory, kinestetik merupakan model pembelajaran yang menyatukan ketiga modalitas belajar dengan cara mengingat, mendengar serta bergerak. Media Pop-up merupakan media tiga dimensi yang berbentuk buku dapat di buka dan ditutup. Media tersebut menggambarkan sebuah materi yang mempunyai bentuk unik, praktis dan menarik sehingga mengundang minat siswa. Hipotesis tindakan dalam penilitian ini adalah model visually, auditory, kinesthetik berbantuan media pop-up dapat meningkatkan keterampilan menulis persuasi siswa kelas IV SD 1 Megawon Jati Kudus.&#xD; Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas IV SD 1 Megawon dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan persuasi. Instrument dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model visually, auditory, kinesthetik berbantuan media Pop-up dapat keterampilan mengajar guru, meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis persuasi. Hal ini dapat terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) Keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata &#x201C;80%&#x201D; dengan kriteria &#x201C;baik&#x201D; dan meningkat pada siklus II memperoleh pencapaian &#x201C;89%&#x201D; dengan kriteria &#x201C;Sangat Baik&#x201D;. (2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajarn Bahasa Indonesia materi menulis persuasi pada siklus I diperoleh rata-rata pencapaian 75% dengan kriteria &#x201C;Baik&#x201D; dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata pencapaian 86% dengan kategori &#x201C; Sangat Baik&#x201C;. (3) persentase ketuntasan belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi persuasi siklus I diperoleh hasil 19 siswa tuntas dan 8 siswa belum tuntasdengan ketuntasan klasikal 71% meningkat pada siklus II diperoleh hasil 24 siswa tuntas dan 3 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 85%. berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model VAK berbantuan media pop-up dapat meningkatkan keterampilan menulis persuasi kelas IV SD 1 Megawon Kudus.&#xD; Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model VAK berbantuan media pop-up dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis persuasi siswa kelas IV SD 1 Megawon Jati Kudus. Saran dari peneliti guru dapat menerapkan model pembelajaran visually, auditory, kinesthetik berbantuan media pop-up pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan. Bagi siswa Siswa sebaiknya lebih giat lagi dalam belajar, sehingga pada saat kegiatan belajar mengajar guru tidak terlalu mengulang-ngulang materi. Bagi sekolahpenelitian tindakan kelas ini hendaknya dijadikan evaluasi sekolah serta bahan pertimbangan untuk berinovasi menciptakan sekolah yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa. &#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8089/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8089/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8089/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8089/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8089/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8089/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8089/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8089/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8089/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>NI&#x2019;MAH, SAFAATUN (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi Menggunakan Model Visually, Auditory, Kinestetik Berbantuan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Megawon Jati Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8089/</relation><recordID>8089</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author NI’MAH, SAFAATUN
title Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi Menggunakan Model Visually, Auditory, Kinestetik Berbantuan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Megawon Jati Kudus
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/8089/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8089/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8089/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8089/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8089/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8089/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8089/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8089/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8089/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/8089/
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikanketerampilan guru dalam penerapan model visually, auditory, kinestetik (VAK) berbantuan media pop-updan mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran serta menemukan peningkatkan keterampilan menulis persuasi pada siswa kelas IV SD 1 Megawon Jati Kudus. Keterampilan menulis adalah kemampuan seseorang yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah tulisan dengan cara memunculkan ide-ide baru yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Karangan Persuasi merupakan hasil tulisan seseorang yang berisi tentang kalimat ajakan dalam bentuk paragraf secara jelas dan rinci. Model visually, auditory, kinestetik merupakan model pembelajaran yang menyatukan ketiga modalitas belajar dengan cara mengingat, mendengar serta bergerak. Media Pop-up merupakan media tiga dimensi yang berbentuk buku dapat di buka dan ditutup. Media tersebut menggambarkan sebuah materi yang mempunyai bentuk unik, praktis dan menarik sehingga mengundang minat siswa. Hipotesis tindakan dalam penilitian ini adalah model visually, auditory, kinesthetik berbantuan media pop-up dapat meningkatkan keterampilan menulis persuasi siswa kelas IV SD 1 Megawon Jati Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas IV SD 1 Megawon dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan persuasi. Instrument dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model visually, auditory, kinesthetik berbantuan media Pop-up dapat keterampilan mengajar guru, meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis persuasi. Hal ini dapat terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) Keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata “80%” dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II memperoleh pencapaian “89%” dengan kriteria “Sangat Baik”. (2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajarn Bahasa Indonesia materi menulis persuasi pada siklus I diperoleh rata-rata pencapaian 75% dengan kriteria “Baik” dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata pencapaian 86% dengan kategori “ Sangat Baik“. (3) persentase ketuntasan belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi persuasi siklus I diperoleh hasil 19 siswa tuntas dan 8 siswa belum tuntasdengan ketuntasan klasikal 71% meningkat pada siklus II diperoleh hasil 24 siswa tuntas dan 3 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 85%. berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model VAK berbantuan media pop-up dapat meningkatkan keterampilan menulis persuasi kelas IV SD 1 Megawon Kudus. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model VAK berbantuan media pop-up dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis persuasi siswa kelas IV SD 1 Megawon Jati Kudus. Saran dari peneliti guru dapat menerapkan model pembelajaran visually, auditory, kinesthetik berbantuan media pop-up pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan. Bagi siswa Siswa sebaiknya lebih giat lagi dalam belajar, sehingga pada saat kegiatan belajar mengajar guru tidak terlalu mengulang-ngulang materi. Bagi sekolahpenelitian tindakan kelas ini hendaknya dijadikan evaluasi sekolah serta bahan pertimbangan untuk berinovasi menciptakan sekolah yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa.
id IOS3090.8089
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
recordtype dc
_version_ 1765996277530624000
score 17.13294