Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd 2 Gondoharum Kudus
Main Author: | RATMASARI, LINDA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/8083/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/8083/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/8083/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/8083/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/8083/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/8083/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/8083/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/8083/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/8083/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/8083/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, mendeskripsikan peningkatan dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui model Think Pair Share materi globalisasi pada siswa kelas IV Sd 2 Gondoharum. Hasil belajar merupakan suatu kemampuan yang dihasilkan oleh siswa setelah proses pembelajaran berlangsung. Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif yang member siswa waktu untuk berfikir dan merespon serta saling bantu satu sama lain. Hipotesis tindakan penelitian ini yakni peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan peningakatan hasil belajar siswa melalui model Think Pair Share pada siswa kelas IV SD 2 Gondoharum tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 2 Gondoharum dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yakni model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar. Instrumen penelitian ini yakni tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan persentase hasil belajar pada ranah kognitif PKn siswa pada materi globalisasi yang cukup signifikan pada siklus I (60%) dan siklus II (86,67%), pada ranah afektif juga meningkat siklus I (67,91%) menjadi siklus II (79,5%), ranah psikomotorik siklus I (63,67%) menjadi siklus II (82,17%). Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan siklus I (77,06%) dan siklus II (82,36%). Keterampilan guru mengelola pembelajaran meningkat dari siklus I (67,91%) menjadi siklus II (78,33%). Berdasakan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan think pair share dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV SD 2 Gondoharum Kudus.Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model think pair share meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi, keterampilan guru, dan aktivitas siswa kelas IV SD 2 Gondoharum Kudus. Saran dalam penelitian ini adalah guru sebaiknya merancang pembelajaran inovatif, seperti model Think Pair Share supaya siswa lebih mudah memahami penjelasan yang disampaikan guru.