Penerapan Model Concept Sentence Berbantuan Media Komik Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Megawon Kudus
Main Author: | AULIA, YUSRIDA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/8057/1/Halaman_Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/8057/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/8057/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/8057/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/8057/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/8057/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/8057/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/8057/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/8057/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/8057/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model concept sentence berbantuan media komik pada pembelajaran menulis pantun siswa kelas IV SDN 2 Megawon, (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis pantun dengan menerapkan model pembelajaran concept sentence berbantuan media komik pada siswa kelas IV SDN 2 Megawon, (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SDN 2 Megawon dengan diterapkannya model pembelajaran concept sentence berbantuan media komik. Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang menghasilkan karya menggunakan lambang-lambang bahasa guna menyampaikan ide kepada orang lain yang membacanya. Model pembelajaran concept sentence merupakan salah satu model kooperatif yang menggunakan kata kunci sebagai dasar untuk menyusun kalimat. Komik merupakan bentuk seni yang menggunakan serangkaian gambar tidak bergerak yang memiliki keterkaitan antar gambar sehingga membentuk suatu cerita. Jenis penelitian yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas, sedangkan desain penelitian menggunakan desain Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Megawon yang berjumlah 18 siswa. Pada penelitian ini, variabel terikatnya yakni keterampilan menulis pantun dan variabel bebasnya yakni model pembelajaran concept sentense berbantuan media komik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas tes menggunakan uji validitas expert judgment. Analisis data yang digunakan yakni analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model concept sentence berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dari siklus I 82,81% (baik) menjadi 90,62 (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I 72,5% (baik) menjadi 77,9% (baik) pada siklus II. Ketuntasan klasikal keterampilan menulis pantun siswa juga meningkat dari siklus I 61,11% (cukup) menjadi 83,3% (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, dapat peneliti simpulkan bahwa penerapan model concept sentence berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis pantun siswa kelas IV SDN 2 Megawon. Saran yang diberikan yakni model concept sentence dan media komik dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.