Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru melalui model Mind Mapping berbasis karakter kerja keras dan disiplin, meningkatkan karakter kerja keras dan disiplin melalui model Mind Mapping, meningkatkan hasil belajar PKn melalui model Mind Mapping berbasis karakter kerja keras dan disiplin pada siswa kelas IV materi sistem pemerintahan pusat di SD 2 Sidorekso Kaliwungu Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 2 Sidorekso dengan subjek penelitian 35 siswa.. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar kognitif, hasil observasi karakter kerja keras dan disiplin, hasil observasi aspek afektif dan psikomotorik, serta keterampilan mengajar guru. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 74,58% kategori baik menjadi 85,41% kategori sangat baik. Karakter kerja keras siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 74,06% kategori baik menjadi 80,85% kategori baik. Karakter disiplin siswa pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan persentase 69,51% kategori baik menjadi 77,47% kategori baik. Hasil belajar aspek kognitif juga mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu 71,43% kategori baik menjadi 85,72% kategori sangat baik. Pada hasil belajar aspek afektif juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 74,22% kategori baik menjadi 79,12% kategori baik. Hasil belajar aspek psikomotorik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 74,17% kategori baik menjadi 80,60% kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Sidorekso Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbasis karakter kerja keras dan disiplin dapat meningkatkan keterampilan guru, karakter kerja keras dan disiplin siswa, serta hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat.