ctrlnum 8049
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI PENERAPAN MODEL TALKING STICK DI KELAS V SDN 01 PENDOSAWALAN&#xD; JEPARA&#xD; &#xD; &#xD; </title><creator> Lestari , Yuni</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 01 Pendosawalan. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 70 yang diperoleh dari data observasi awal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama melalui penerapan model talking stick pada siswa kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara.&#xD; &#xD; Talking Stick merupakan model pembelajaran yang diawali dengan penjelasan guru mengenai materi pokok yang akan dipelajari. Model pembelajaran ini berbentuk kelompok dengan bantuan tongkat. Kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah mereka mempelajari materi pokoknya.&#xD; &#xD; Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu guru dan siswa kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara yang berjumlah 20 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn pada materi Keputusan Bersama. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model talking stick dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 89,13% menjadi 97%. Aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 70% menjadi 78%, aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 71% menjadi 82%. Hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke&#xD; siklus II dari persentase 73,45% menjadi 78,95%.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; x&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa ranah afektif dan psikomotorik serta hasil belajar siswa pada kognitif pada pelajaran PKn materi keputusan bersama kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran sebagai model untuk merangsang dan menarik minat siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khusunya mata pelajaran PKn.&#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/1/halaman_judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/3/BAB_II_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/8/daftar_pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/9/Lampiran.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Lestari , Yuni (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI PENERAPAN MODEL TALKING STICK DI KELAS V SDN 01 PENDOSAWALAN JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, UMK.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8049/</relation><recordID>8049</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Lestari , Yuni
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI PENERAPAN MODEL TALKING STICK DI KELAS V SDN 01 PENDOSAWALAN JEPARA
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/8049/1/halaman_judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8049/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8049/3/BAB_II_.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8049/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8049/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8049/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8049/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8049/8/daftar_pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8049/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/8049/
contents Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 01 Pendosawalan. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 70 yang diperoleh dari data observasi awal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama melalui penerapan model talking stick pada siswa kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara. Talking Stick merupakan model pembelajaran yang diawali dengan penjelasan guru mengenai materi pokok yang akan dipelajari. Model pembelajaran ini berbentuk kelompok dengan bantuan tongkat. Kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah mereka mempelajari materi pokoknya. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu guru dan siswa kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara yang berjumlah 20 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn pada materi Keputusan Bersama. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model talking stick dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 89,13% menjadi 97%. Aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 70% menjadi 78%, aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 71% menjadi 82%. Hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dari persentase 73,45% menjadi 78,95%. x Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa ranah afektif dan psikomotorik serta hasil belajar siswa pada kognitif pada pelajaran PKn materi keputusan bersama kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran sebagai model untuk merangsang dan menarik minat siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khusunya mata pelajaran PKn.
id IOS3090.8049
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
recordtype dc
_version_ 1765996277177253888
score 17.13294