PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI PENERAPAN MODEL TALKING STICK DI KELAS V SDN 01 PENDOSAWALAN JEPARA
Main Author: | Lestari , Yuni |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/8049/1/halaman_judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/3/BAB_II_.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/8/daftar_pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/9/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/8049/ |
ctrlnum |
8049 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI PENERAPAN MODEL TALKING STICK DI KELAS V SDN 01 PENDOSAWALAN
JEPARA


</title><creator> Lestari , Yuni</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 01 Pendosawalan. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 70 yang diperoleh dari data observasi awal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama melalui penerapan model talking stick pada siswa kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara.

Talking Stick merupakan model pembelajaran yang diawali dengan penjelasan guru mengenai materi pokok yang akan dipelajari. Model pembelajaran ini berbentuk kelompok dengan bantuan tongkat. Kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah mereka mempelajari materi pokoknya.

Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu guru dan siswa kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara yang berjumlah 20 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn pada materi Keputusan Bersama. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model talking stick dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 89,13% menjadi 97%. Aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 70% menjadi 78%, aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 71% menjadi 82%. Hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke
siklus II dari persentase 73,45% menjadi 78,95%.



x




Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa ranah afektif dan psikomotorik serta hasil belajar siswa pada kognitif pada pelajaran PKn materi keputusan bersama kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran sebagai model untuk merangsang dan menarik minat siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khusunya mata pelajaran PKn.
</description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/1/halaman_judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/3/BAB_II_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/8/daftar_pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8049/9/Lampiran.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Lestari , Yuni (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI PENERAPAN MODEL TALKING STICK DI KELAS V SDN 01 PENDOSAWALAN JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, UMK.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8049/</relation><recordID>8049</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Lestari , Yuni |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI PENERAPAN MODEL TALKING STICK DI KELAS V SDN 01 PENDOSAWALAN
JEPARA |
publishDate |
2017 |
topic |
Pendidikan (Umum) |
url |
http://eprints.umk.ac.id/8049/1/halaman_judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/3/BAB_II_.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/8/daftar_pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/8049/9/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/8049/ |
contents |
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 01 Pendosawalan. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 70 yang diperoleh dari data observasi awal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi keputusan bersama melalui penerapan model talking stick pada siswa kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara.
Talking Stick merupakan model pembelajaran yang diawali dengan penjelasan guru mengenai materi pokok yang akan dipelajari. Model pembelajaran ini berbentuk kelompok dengan bantuan tongkat. Kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah mereka mempelajari materi pokoknya.
Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu guru dan siswa kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara yang berjumlah 20 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn pada materi Keputusan Bersama. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model talking stick dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 89,13% menjadi 97%. Aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 70% menjadi 78%, aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 71% menjadi 82%. Hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke
siklus II dari persentase 73,45% menjadi 78,95%.
x
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa ranah afektif dan psikomotorik serta hasil belajar siswa pada kognitif pada pelajaran PKn materi keputusan bersama kelas V SDN 01 Pendosawalan Jepara. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran sebagai model untuk merangsang dan menarik minat siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khusunya mata pelajaran PKn.
|
id |
IOS3090.8049 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2018-02-19T22:32:06Z |
last_indexed |
2018-02-19T22:32:06Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996277177253888 |
score |
17.13294 |