PENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn MENGGUNAKANMODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSALQUESTION PADASISWA KELAS V SDN 1 SINDUREJO
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model active learning tipe role reversal question pada siswa kelas V SDN 1 Sindurejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Hasilbelajar merupakan perubahan sikapdan tingkah laku manusiayang diperolehdarikegiatanpembelajaranyang melibatkanaspek kognitif, afektif maupunpsikomotorik.Hasilbelajar ditandaidenganproses tidak tahu menjadi tahu. PKn merupakanmatapelajaranyangmemfokuskanpada pembentukan warganegara. Dalam pembelajaran di sekolah, pembelajaran PKn dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. model active learningtipe role reversalquestionmerupakankegiatanpembelajaranaktifyang menekankanpadaaktivitastanya jawabdenganpertukaranperan.Jikaguru bertukar peranmenjadisiswa makagurumengajukanpertanyaandansiswa mencoba menjawabpertanyaan.Begitupula sebaliknyajika siswayang mengajukan pertanyaanmakaguruyangmenjawab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Sindurejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥70. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model active learningtipe role reversalquestion materi organtubuh manusia dan hewan dapat meningkatkan hasil belajar PKn, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru kelas V SDN 1 Sindurejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Selanjutnya, saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru dan aktif dalam pembelajaran, guru dapat menggunakan model pembelajaran active learningtipe role reversalquestion dalam pembelajaran PKn, dan kepala sekolah sebaiknya memfasilitasi dengan sumber dana dan alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.