Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Peningkatanhasil Belajar Pkn Materi Keputusan Bersama Pada Siswa Kelas V Sd 3 Ploso Kudus
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Ploso Kudus pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama melalui penerapan model Numbered Heads Togeteher. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswasetelah mengikuti kegiatan belajar yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.Numbered Heads Together merupakan suatu model pembelajaran diskusi kelompok yang mengedepankan kerjasama antar anggota kelompok dalam memecahkan suatu permasalahan yang diberikan. Masing-masing anggota kelompok akan mendapat kartu bernomor yang berbeda di kepala siswa. Siswa yang nomornya dipanggil harus menyampaiakn haisl diskusi kelompoknya di depan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Tanggart yang dilakukan dalam 2 siklus.Adapun tahapan penelitian ini yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian guru dan siswa kelas V SD 3 Ploso Kudus dengan jumlah 22 siswa.Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas yakni model Numbered Heads Together, sedangkan variabel terikat yakni hasil belajar siswa kelas V SD 3 Ploso Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data diperoleh dari tindakan yang dianalisis baik secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari siklus I (78,63%) menjadi (82,66%) pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I meningkat dari siklus I (72,95%) menjadi (82,50%) pada siklus II. Hasil belajar siswa pada materi Keputusan Bersama mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus I (63,63%) menjadi (86,36%) pada siklus II. Hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I (72,38%) menjadi (85,24%) dan hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I (74,32%) menjadi (83,27%) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SD 3 Ploso Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbeerd Heads Together dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siwa, dan hasil belajar PKn pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik materi Keputusan Bersama pada siswa kelas V SD 3 Ploso Kudus. Saran yang diberikan peneliti kepada siswa yakni siswa harus percaya diri dan lebih aktif saat diskusi kelompok, siswa harus belajar beradaptasi dan mau menganggap semua temannya sama dan lebih menghargai pendapat teman maupun kelompok lain.