ctrlnum 8018
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn PADA SISWA KELAS IV SD 3 JEKULO&#xD; KABUPATEN KUDUS&#xD; </title><creator> MELINDA , DEVIS VENA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Make A Match pada pembelajaran PKn kelas IV SD 3 Jekulo Kabupaten Kudus, (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran PKn kelas IV SD 3 Jekulo Kabupaten Kudus, dan (3) Menemukan peningkatan hasil belajar PKn dengan diterapkannya model pembelajaran Make A Match di kelas IV SD 3 Jekulo kabupaten Kudus.&#xD; Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SD 3 Jekulo Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn siswa kelas IV SD 3 Jekulo Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian yakni penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn siswa. hal ini dapat dilihat dari keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 73,43% (baik) dan meningkat pada siklus II 85,5 % (sangat baik). Hasil aktivitas belajar siswa juga meningkat. Pada ranah afektif meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 69,86% (baik) dan meningkat pada siklus II&#xD; 81,52% (baik). Sedangkan pada ranah psikomotorik meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 70,41% (baik) dan meningkat pada siklus II 80,83% (baik). Serta hasil belajar PKn siswa meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal siklus I&#xD; 72,22% (baik) dan meningkat pada siklus II 83,33% (baik).&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 3 Jekulo disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn. Peneliti memberikan saran kepada (1) guru, dalam proses pembelajaran perlu menrapkan model yang variatif dan inovatif untuk menciptakan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan; (2) siswa, hendaknya aktif dalam pembelajaran.&#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8018/1/Hal_Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8018/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8018/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8018/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8018/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8018/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8018/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8018/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8018/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>MELINDA , DEVIS VENA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn PADA SISWA KELAS IV SD 3 JEKULO KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8018/</relation><recordID>8018</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author MELINDA , DEVIS VENA
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn PADA SISWA KELAS IV SD 3 JEKULO KABUPATEN KUDUS
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/8018/1/Hal_Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8018/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8018/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8018/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8018/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8018/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8018/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8018/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8018/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/8018/
contents Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Make A Match pada pembelajaran PKn kelas IV SD 3 Jekulo Kabupaten Kudus, (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran PKn kelas IV SD 3 Jekulo Kabupaten Kudus, dan (3) Menemukan peningkatan hasil belajar PKn dengan diterapkannya model pembelajaran Make A Match di kelas IV SD 3 Jekulo kabupaten Kudus. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SD 3 Jekulo Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn siswa kelas IV SD 3 Jekulo Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yakni penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn siswa. hal ini dapat dilihat dari keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 73,43% (baik) dan meningkat pada siklus II 85,5 % (sangat baik). Hasil aktivitas belajar siswa juga meningkat. Pada ranah afektif meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 69,86% (baik) dan meningkat pada siklus II 81,52% (baik). Sedangkan pada ranah psikomotorik meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 70,41% (baik) dan meningkat pada siklus II 80,83% (baik). Serta hasil belajar PKn siswa meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal siklus I 72,22% (baik) dan meningkat pada siklus II 83,33% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 3 Jekulo disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn. Peneliti memberikan saran kepada (1) guru, dalam proses pembelajaran perlu menrapkan model yang variatif dan inovatif untuk menciptakan kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan; (2) siswa, hendaknya aktif dalam pembelajaran.
id IOS3090.8018
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
recordtype dc
_version_ 1765996277065056256
score 17.13294