ctrlnum 8015
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan&#xD; Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make&#xD; A Match Di Kelas Iv Sd 1 Kandangmas Kudus&#xD; </title><creator>PRASETIYO, DIMAS YOGI </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus.&#xD; Model pembelajaran make a match merupakan model pembelajaran ketika peserta didik mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana yang menyenangkan. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut belajar, kemampuan belajar siswa ini meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD I Kandangmas Kudus.&#xD; Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus dengan subyek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model make a match. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. &#xD; Hasil penelitian terdapat peningkatan pengelolaan pembelajaran model make a match mengalami peningkatan pada siklus I 77,67% (baik) menjadi 86,60% (sanagat baik) siklus II. Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa pada materi globalisasi yang cukup signifikan anatara siklus I (64,24%), dan siklus II (78,57%), didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 64,81% (baik) menjadi 75,15% (baik) siklus II, hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I 65,94% (baik) menjadi 75,51% (baik) siklus II. &#xD; Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi globalisasi kelas IV SD I Kandangmas Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model make a match, guru hendaknya lebih melakukan pendalaman materi dengan bermain agar siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran.&#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8015/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8015/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8015/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8015/4/Bab_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8015/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8015/6/Bab_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8015/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8015/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8015/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>PRASETIYO, DIMAS YOGI (2017) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas Iv Sd 1 Kandangmas Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8015/</relation><recordID>8015</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author PRASETIYO, DIMAS YOGI
title Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas Iv Sd 1 Kandangmas Kudus
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/8015/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8015/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8015/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8015/4/Bab_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8015/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8015/6/Bab_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8015/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8015/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8015/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/8015/
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus. Model pembelajaran make a match merupakan model pembelajaran ketika peserta didik mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana yang menyenangkan. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut belajar, kemampuan belajar siswa ini meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD I Kandangmas Kudus. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus dengan subyek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model make a match. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan pengelolaan pembelajaran model make a match mengalami peningkatan pada siklus I 77,67% (baik) menjadi 86,60% (sanagat baik) siklus II. Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa pada materi globalisasi yang cukup signifikan anatara siklus I (64,24%), dan siklus II (78,57%), didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 64,81% (baik) menjadi 75,15% (baik) siklus II, hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I 65,94% (baik) menjadi 75,51% (baik) siklus II. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi globalisasi kelas IV SD I Kandangmas Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model make a match, guru hendaknya lebih melakukan pendalaman materi dengan bermain agar siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran.
id IOS3090.8015
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
recordtype dc
_version_ 1765996277051424768
score 17.13294