ctrlnum 8003
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>&#xD; PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV &#xD; SD JATISARI NALUMSARI JEPARA&#xD; </title><creator> AZIS, ISNAINI ROSIDA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>&#xD; Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru pada pembelajaran IPS dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media permainan ular tangga di kelas IV SD Jatisari Nalumsari Jepara, (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Jatisari setelah diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media permainan ular tangga.&#xD; Model pembelajaran Numbered Head Together merupakan varian dari diskusi kelompok di mana setiap siswa dalam kelompok diberi topi bernomor, kemudian guru memanggil nomor siswa secara acak. Media permainan ular tangga merupakan suatu permainan yang melatih siswa untuk bersikap jujur, berani, dan tahu aturan. Hasil belajar IPS adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah memperoleh pembelajaran IPS yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.&#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD Jatisari Nalumsari Jepara dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SD Jatisari Nalumsari Jepara yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media permainan ular tangga meningkat dari setiap siklus. Persentase keterampilan mengajar guru siklus I memperoleh rata- rata 73.50% dengan kriteria baik (berhasil) dan meningkat pada siklus II yang memperoleh rata-rata 88.50% dengan kriteria sangat baik (berhasil). Sedangkan persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I memperoleh rata-rata73.53% dengan kriteria baik (berhasil) pada siklus I dan meningkat 88.24% dengan kriteria sangat baik (berhasil) pada siklus II. Persentase hasil belajar siswa pada ranah afektif mencapai rata-rata 63.75% dengan kriteria cukup (berhasil) pada siklus I dan meningkat menjadi 82.32% dengan kriteria sangat baik (berhasil) pada siklus II. Persentase hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik mencapai rata-rata 64.02% dengan kriteria cukup (berhasil) pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 83.40% dengan kriteria sangat baik (berhasil).&#xD; Berdasarkan hasil penelitia tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti ada siswa kelas IV SD Jatisari Nalumsari Jepara dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS mampu meningkatkan keterampilan mengajar guru, dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran, guru lebih menguasai beberapa model dan media pembelajaran yang efektif, sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan secara kondusif dan inovatif yang dapat membuat pelajaran IPS menjadi lebih berinovasi dan menyenangkan&#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8003/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8003/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8003/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8003/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8003/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8003/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8003/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8003/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8003/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>AZIS, ISNAINI ROSIDA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD JATISARI NALUMSARI JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8003/</relation><recordID>8003</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author AZIS, ISNAINI ROSIDA
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD JATISARI NALUMSARI JEPARA
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/8003/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8003/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8003/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8003/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8003/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8003/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8003/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8003/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8003/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/8003/
contents Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru pada pembelajaran IPS dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media permainan ular tangga di kelas IV SD Jatisari Nalumsari Jepara, (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Jatisari setelah diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media permainan ular tangga. Model pembelajaran Numbered Head Together merupakan varian dari diskusi kelompok di mana setiap siswa dalam kelompok diberi topi bernomor, kemudian guru memanggil nomor siswa secara acak. Media permainan ular tangga merupakan suatu permainan yang melatih siswa untuk bersikap jujur, berani, dan tahu aturan. Hasil belajar IPS adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah memperoleh pembelajaran IPS yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD Jatisari Nalumsari Jepara dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SD Jatisari Nalumsari Jepara yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dan disetiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media permainan ular tangga meningkat dari setiap siklus. Persentase keterampilan mengajar guru siklus I memperoleh rata- rata 73.50% dengan kriteria baik (berhasil) dan meningkat pada siklus II yang memperoleh rata-rata 88.50% dengan kriteria sangat baik (berhasil). Sedangkan persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I memperoleh rata-rata73.53% dengan kriteria baik (berhasil) pada siklus I dan meningkat 88.24% dengan kriteria sangat baik (berhasil) pada siklus II. Persentase hasil belajar siswa pada ranah afektif mencapai rata-rata 63.75% dengan kriteria cukup (berhasil) pada siklus I dan meningkat menjadi 82.32% dengan kriteria sangat baik (berhasil) pada siklus II. Persentase hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik mencapai rata-rata 64.02% dengan kriteria cukup (berhasil) pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 83.40% dengan kriteria sangat baik (berhasil). Berdasarkan hasil penelitia tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti ada siswa kelas IV SD Jatisari Nalumsari Jepara dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS mampu meningkatkan keterampilan mengajar guru, dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran, guru lebih menguasai beberapa model dan media pembelajaran yang efektif, sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan secara kondusif dan inovatif yang dapat membuat pelajaran IPS menjadi lebih berinovasi dan menyenangkan
id IOS3090.8003
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:04Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:04Z
recordtype dc
_version_ 1765996276199981056
score 17.13294