ctrlnum 8002
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBASIS KARAKTER TOLERANSI PADA SISWA&#xD; KELAS V DI SD NEGERI 5 DERSALAM KUDUS &#xD; </title><creator>SETYOWATI, FAJAR ZULIA </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match Berbasik Karakter Toleransi untuk meningkatkan keterampilan guru, nilai karakter toleransi siswa, dan menemukan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi Keputusan Bersama kelas V SD Negeri 5 Dersalam Kudus. &#xD; Model Pembelajaran Make A Match adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai konsep atau topik, dalam suasana yang menyenangkan. Model ini akan diterapkan dalam mata pelajaran PKn materi Keputusan Bersama siswa kelas V. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. PKn merupakan mata pelajaran yang digunakan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia. &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 5 Dersalam Kudus. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa dan seorang guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match berbasis karakter toleransi (1) keterampilan guru pada siklus I ke siklus II memperoleh persentase rata-rata klasikal 70,41% (baik) menjadi 88,74% (sangat baik), (2) nilai karakter cinta tanah air siswa pada siklus I ke siklus II dari i persentase rata-rata 66,85% (baik) menjadi 81,32% (baik), (3) Hasil belajar kognitif siswa rata-rata pada siklus I ke siklus II yaitu dari 64% menjadi 79,25% dan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I ke siklus II dari persentase rata-rata 55% menjadi 85%, hasil belajar ranah afektif dari rata-rata klasikal 64,84% (tinggi) menjadi 79,68% (tinggi), hasil belajar ranah psikomotorik dari rata-rata klasikal 64,52% (tinggi) menjadi 81,56% (sangat tinggi). &#xD; Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Make a Match berbasis karakter toleransi untuk pembelajran PKn materi keputusan bersama dapat meningkatkan hasil belajar dan nilai karakter toleransi siswa kelas V SD 5 Dersalam Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran PKn serta model Make A Match berbasis karakter toleransi dapat dijadikan alternatif solusi guru untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter toleransi siswa&#xD; &#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8002/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8002/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8002/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8002/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8002/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8002/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8002/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8002/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8002/9/Lampiran.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>SETYOWATI, FAJAR ZULIA (2017) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBASIS KARAKTER TOLERANSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 5 DERSALAM KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8002/</relation><recordID>8002</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SETYOWATI, FAJAR ZULIA
title PENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBASIS KARAKTER TOLERANSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 5 DERSALAM KUDUS
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/8002/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8002/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8002/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8002/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8002/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8002/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8002/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8002/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8002/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/8002/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match Berbasik Karakter Toleransi untuk meningkatkan keterampilan guru, nilai karakter toleransi siswa, dan menemukan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn materi Keputusan Bersama kelas V SD Negeri 5 Dersalam Kudus. Model Pembelajaran Make A Match adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai konsep atau topik, dalam suasana yang menyenangkan. Model ini akan diterapkan dalam mata pelajaran PKn materi Keputusan Bersama siswa kelas V. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. PKn merupakan mata pelajaran yang digunakan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 5 Dersalam Kudus. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa dan seorang guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match berbasis karakter toleransi (1) keterampilan guru pada siklus I ke siklus II memperoleh persentase rata-rata klasikal 70,41% (baik) menjadi 88,74% (sangat baik), (2) nilai karakter cinta tanah air siswa pada siklus I ke siklus II dari i persentase rata-rata 66,85% (baik) menjadi 81,32% (baik), (3) Hasil belajar kognitif siswa rata-rata pada siklus I ke siklus II yaitu dari 64% menjadi 79,25% dan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I ke siklus II dari persentase rata-rata 55% menjadi 85%, hasil belajar ranah afektif dari rata-rata klasikal 64,84% (tinggi) menjadi 79,68% (tinggi), hasil belajar ranah psikomotorik dari rata-rata klasikal 64,52% (tinggi) menjadi 81,56% (sangat tinggi). Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Make a Match berbasis karakter toleransi untuk pembelajran PKn materi keputusan bersama dapat meningkatkan hasil belajar dan nilai karakter toleransi siswa kelas V SD 5 Dersalam Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran PKn serta model Make A Match berbasis karakter toleransi dapat dijadikan alternatif solusi guru untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter toleransi siswa
id IOS3090.8002
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:04Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:04Z
recordtype dc
_version_ 1765996276195786752
score 17.13294