ctrlnum 8001
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Berbantuan&#xD; Media Konkret Kelas V Sd 02 Megawon&#xD; </title><creator>FARIKHAH, NENG JAUHAROTUL </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini bertujuan menunjukkan peningkatan pemahaman konsep IPA, dan mendeskripsikan aktivitas siswa serta keterampilan guru pada materi pesawat sederhana dengan menerapkan model CLIS berbantuan media konkret pada siswa kelas V SD 02 Megawon.&#xD; Model CLIS merupakan salah satu model pembelajaran yang berlandaskan kontruktivisme yang melibatkan siswa untuk mengkonstruksi gagasan awal menjadi gagasan ilmiah melalui serangkaian kegiatan percobaan dan pengamatan. Penelitian juga dibantu menggunakan media konkret pesawat sederhana yang terbuat dari limbah bambu. Pemahaman konsep merupakan kemampuan untuk mengerti dan memahami materi yang telah dipelajari serta menangkap makna dan arti dari materi yang dipelajari.&#xD; Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SD 02 Megawon pada siswa kelas V dengan subjek penelitian 16 siswa. penelitian berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yaitu penerapan model CLIS berbantuan media konkret. Variabel terikat yaitu pemahaman konsep IPA. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Sedangkan analisis data secara kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menentukan rata-rata.&#xD; Hasil penelitian terdapat peningkatan pemahaman konsep IPA siswa pada materi pesawat sederhana yang cukup signifikan antara siklus I (73,4%) dan siklus II (80,5%). Hasil ini juga didukung adanya peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 2,70 (Baik) menjadi 3,18 (Baik) di siklus II, serta adanya peningkatan keterampilan guru pada siklus I 2,97 (Baik) menjadi 3,69 (Sangat Baik) di siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model CLIS berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA, aktivitas siswa kelas V SD 02 Megawon, serta keterampilan guru.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 02 Megawon dapat disimpulkan bahwa penerapan model CLIS berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA, aktivitas siswa, serta keterampilan guru pada materi pesawat sederhana. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yang akan datang agar dapat lebih memahami model CLIS sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.&#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>FARIKHAH, NENG JAUHAROTUL (2017) Penerapan Model Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Berbantuan Media Konkret Kelas V Sd 02 Megawon. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8001/</relation><recordID>8001</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author FARIKHAH, NENG JAUHAROTUL
title Penerapan Model Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Berbantuan Media Konkret Kelas V Sd 02 Megawon
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/8001/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8001/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8001/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8001/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8001/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8001/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8001/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8001/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8001/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/8001/
contents Penelitian ini bertujuan menunjukkan peningkatan pemahaman konsep IPA, dan mendeskripsikan aktivitas siswa serta keterampilan guru pada materi pesawat sederhana dengan menerapkan model CLIS berbantuan media konkret pada siswa kelas V SD 02 Megawon. Model CLIS merupakan salah satu model pembelajaran yang berlandaskan kontruktivisme yang melibatkan siswa untuk mengkonstruksi gagasan awal menjadi gagasan ilmiah melalui serangkaian kegiatan percobaan dan pengamatan. Penelitian juga dibantu menggunakan media konkret pesawat sederhana yang terbuat dari limbah bambu. Pemahaman konsep merupakan kemampuan untuk mengerti dan memahami materi yang telah dipelajari serta menangkap makna dan arti dari materi yang dipelajari. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SD 02 Megawon pada siswa kelas V dengan subjek penelitian 16 siswa. penelitian berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yaitu penerapan model CLIS berbantuan media konkret. Variabel terikat yaitu pemahaman konsep IPA. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Sedangkan analisis data secara kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menentukan rata-rata. Hasil penelitian terdapat peningkatan pemahaman konsep IPA siswa pada materi pesawat sederhana yang cukup signifikan antara siklus I (73,4%) dan siklus II (80,5%). Hasil ini juga didukung adanya peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 2,70 (Baik) menjadi 3,18 (Baik) di siklus II, serta adanya peningkatan keterampilan guru pada siklus I 2,97 (Baik) menjadi 3,69 (Sangat Baik) di siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model CLIS berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA, aktivitas siswa kelas V SD 02 Megawon, serta keterampilan guru. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 02 Megawon dapat disimpulkan bahwa penerapan model CLIS berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA, aktivitas siswa, serta keterampilan guru pada materi pesawat sederhana. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yang akan datang agar dapat lebih memahami model CLIS sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.
id IOS3090.8001
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:04Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:04Z
recordtype dc
_version_ 1765996276191592448
score 17.13294