Penerapan Model Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Berbantuan Media Konkret Kelas V Sd 02 Megawon
ctrlnum |
8001 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Berbantuan
Media Konkret Kelas V Sd 02 Megawon
</title><creator>FARIKHAH, NENG JAUHAROTUL </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini bertujuan menunjukkan peningkatan pemahaman konsep IPA, dan mendeskripsikan aktivitas siswa serta keterampilan guru pada materi pesawat sederhana dengan menerapkan model CLIS berbantuan media konkret pada siswa kelas V SD 02 Megawon.
Model CLIS merupakan salah satu model pembelajaran yang berlandaskan kontruktivisme yang melibatkan siswa untuk mengkonstruksi gagasan awal menjadi gagasan ilmiah melalui serangkaian kegiatan percobaan dan pengamatan. Penelitian juga dibantu menggunakan media konkret pesawat sederhana yang terbuat dari limbah bambu. Pemahaman konsep merupakan kemampuan untuk mengerti dan memahami materi yang telah dipelajari serta menangkap makna dan arti dari materi yang dipelajari.
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SD 02 Megawon pada siswa kelas V dengan subjek penelitian 16 siswa. penelitian berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yaitu penerapan model CLIS berbantuan media konkret. Variabel terikat yaitu pemahaman konsep IPA. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Sedangkan analisis data secara kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menentukan rata-rata.
Hasil penelitian terdapat peningkatan pemahaman konsep IPA siswa pada materi pesawat sederhana yang cukup signifikan antara siklus I (73,4%) dan siklus II (80,5%). Hasil ini juga didukung adanya peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 2,70 (Baik) menjadi 3,18 (Baik) di siklus II, serta adanya peningkatan keterampilan guru pada siklus I 2,97 (Baik) menjadi 3,69 (Sangat Baik) di siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model CLIS berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA, aktivitas siswa kelas V SD 02 Megawon, serta keterampilan guru.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 02 Megawon dapat disimpulkan bahwa penerapan model CLIS berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA, aktivitas siswa, serta keterampilan guru pada materi pesawat sederhana. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yang akan datang agar dapat lebih memahami model CLIS sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.
</description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8001/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>FARIKHAH, NENG JAUHAROTUL (2017) Penerapan Model Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Berbantuan Media Konkret Kelas V Sd 02 Megawon. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8001/</relation><recordID>8001</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
FARIKHAH, NENG JAUHAROTUL |
title |
Penerapan Model Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Berbantuan
Media Konkret Kelas V Sd 02 Megawon |
publishDate |
2017 |
topic |
Pendidikan (Umum) |
url |
http://eprints.umk.ac.id/8001/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/8001/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/8001/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/8001/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/8001/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/8001/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/8001/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/8001/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/8001/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/8001/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan menunjukkan peningkatan pemahaman konsep IPA, dan mendeskripsikan aktivitas siswa serta keterampilan guru pada materi pesawat sederhana dengan menerapkan model CLIS berbantuan media konkret pada siswa kelas V SD 02 Megawon.
Model CLIS merupakan salah satu model pembelajaran yang berlandaskan kontruktivisme yang melibatkan siswa untuk mengkonstruksi gagasan awal menjadi gagasan ilmiah melalui serangkaian kegiatan percobaan dan pengamatan. Penelitian juga dibantu menggunakan media konkret pesawat sederhana yang terbuat dari limbah bambu. Pemahaman konsep merupakan kemampuan untuk mengerti dan memahami materi yang telah dipelajari serta menangkap makna dan arti dari materi yang dipelajari.
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SD 02 Megawon pada siswa kelas V dengan subjek penelitian 16 siswa. penelitian berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yaitu penerapan model CLIS berbantuan media konkret. Variabel terikat yaitu pemahaman konsep IPA. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Sedangkan analisis data secara kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menentukan rata-rata.
Hasil penelitian terdapat peningkatan pemahaman konsep IPA siswa pada materi pesawat sederhana yang cukup signifikan antara siklus I (73,4%) dan siklus II (80,5%). Hasil ini juga didukung adanya peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 2,70 (Baik) menjadi 3,18 (Baik) di siklus II, serta adanya peningkatan keterampilan guru pada siklus I 2,97 (Baik) menjadi 3,69 (Sangat Baik) di siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model CLIS berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA, aktivitas siswa kelas V SD 02 Megawon, serta keterampilan guru.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 02 Megawon dapat disimpulkan bahwa penerapan model CLIS berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA, aktivitas siswa, serta keterampilan guru pada materi pesawat sederhana. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yang akan datang agar dapat lebih memahami model CLIS sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.
|
id |
IOS3090.8001 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2018-02-19T22:32:04Z |
last_indexed |
2018-02-19T22:32:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996276191592448 |
score |
17.13294 |