Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Inside Outside Circle Berbantuan Video Animasi Kelas Iv Sd 03 Besito Kudus
Main Author: | ULYA, HIMMATUL |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/7999/1/HALAMAN_JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/7999/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/7999/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/7999/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/7999/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/7999/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/7999/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/7999/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/7999/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/7999/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran inside outside circle berbantuan media video animasidan peningkatan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SD 03 Besito Kudus. Keterampilan menuis dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran salah satunya adalah model inside outside circle. Model inside outside circle adalah model pembelajaran dengan sistem kelompok besar lingkaran kecil dan lingkaran besar, masing-masing kelompok yang telah membentuk lingkaran saling berhadapan dan bertukar informasi. Media video animasi adalah media yang berisi kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan dan dilengkapi dengan audio sehingga berkesan hidup serta menyimpan pesan-pesan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 03 Besito Kudus dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis narasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yakni (1) keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I dan siklus II dengan rata-rata 82,14% dan 89,78%. (2) keterampilan dasar mengajar guru siklus I dan siklus II dengan rata-rata 71,42% dan 78,57%. (3) aktivitas siswa siklus I dan siklus II dengan rata-rata 61,42% dan 76,25%. Hal tersebut membuktikan bahwa model inside outside circle berbantuan video animasi dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD 3 Besito Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 03 Besito Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model inside outside circle berbantuan video animasi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Saran dalam penelitian hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia dan model inside outside circle berbantuan video animasi dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan menulis siswa.