ctrlnum 7990
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENINGAKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL&#xD; PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA &#xD; KELAS IV SDN 03 BUGEL KEDUNG JEPARA&#xD; </title><creator> PAMBUDI, AFRIZAL BAYU</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara; (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Make A Matchpada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara; dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara.&#xD; Hasil belajar merupakan perubahan perilaku pada diri siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. PKn merupakan pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk ikut serta berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.&#xD; Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas pada penelitian ini yakni model pembelajaran Make A Match, adapun variabel terikatnya yakni hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn yang dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) keterampilan guru dalam pembelajaran PKn pada siklus I memperoleh nilai persentase 66,7% termasuk kategori baik (65-84%) dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 80,6% termasuk kategori baik (65-84%); (2) aktivitas belajar siswa ranah afektif dan psikomotorik pada siklus I memperoleh persentase 66,7% termasuk kategori baik (65-84%) dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 86,7% termasuk kategori sangat baik (85-100%); dan (3) persentase ketuntasan klasikal hasil belajar PKn prasiklus 40% dengan rata-rata nilai 74, meningkat pada tes siklus I dengan ketuntasan klasikal mencapai 73,3% dengan rata-rata nilai 75,3 dan meningkat lagi pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal 86,7% dengan rata-rata nilai 80,7.&#xD; Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara. Saran yang disampaikan yakni pembelajaran dengan model pembelajaran Make A Match perlu dilaksanakan pada pembelajaran PKn.&#xD; &#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7990/1/Halaman_Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7990/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7990/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7990/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7990/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7990/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7990/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7990/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7990/9/Lampiran.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>PAMBUDI, AFRIZAL BAYU (2017) PENINGAKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 03 BUGEL KEDUNG JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/7990/</relation><recordID>7990</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author PAMBUDI, AFRIZAL BAYU
title PENINGAKATAN HASIL BELAJAR Pkn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 03 BUGEL KEDUNG JEPARA
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/7990/1/Halaman_Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7990/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7990/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7990/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7990/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7990/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7990/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7990/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7990/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/7990/
contents Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara; (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Make A Matchpada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara; dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku pada diri siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. PKn merupakan pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk ikut serta berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas pada penelitian ini yakni model pembelajaran Make A Match, adapun variabel terikatnya yakni hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn yang dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) keterampilan guru dalam pembelajaran PKn pada siklus I memperoleh nilai persentase 66,7% termasuk kategori baik (65-84%) dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 80,6% termasuk kategori baik (65-84%); (2) aktivitas belajar siswa ranah afektif dan psikomotorik pada siklus I memperoleh persentase 66,7% termasuk kategori baik (65-84%) dan meningkat pada siklus II mencapai persentase 86,7% termasuk kategori sangat baik (85-100%); dan (3) persentase ketuntasan klasikal hasil belajar PKn prasiklus 40% dengan rata-rata nilai 74, meningkat pada tes siklus I dengan ketuntasan klasikal mencapai 73,3% dengan rata-rata nilai 75,3 dan meningkat lagi pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal 86,7% dengan rata-rata nilai 80,7. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 03 Bugel Kedung Jepara. Saran yang disampaikan yakni pembelajaran dengan model pembelajaran Make A Match perlu dilaksanakan pada pembelajaran PKn.
id IOS3090.7990
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:04Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:04Z
recordtype dc
_version_ 1765996276146503680
score 17.13294