ctrlnum 7968
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>&#xD; PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD 6 GETASSRABI GEBOG KUDUS&#xD; &#xD; &#xD; </title><creator>ROHAYATI, RIA </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, menjelaskan peningkatan aktivitas dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS materi Perkembangan Teknologi dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SD 6 Getassrabi.&#xD; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together merupakan pembelajaran dengan kerja sama dengan kepala bernomor lebih tertuju ke siswa dalam mengolah dan melaporkan dari berbagai sumber kemudian dipresentasikan. Hasil belajar merupakan tingkat keberhasilan yang dicapai siswa pada proses pembelajaran diperoleh dari bentuk tes yang diukur dengan nilai dengan ranah koginitif, afektif, psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together meningkatkan keterampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD 6 Getassrabi.&#xD; Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 6 Getassrabi Gebog Kudus dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas yaitu model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Sedangkan Variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan data kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru yang signifikan pada siklus I 79% (baik) menjadi 84,5% (baik) siklus II, didukung dengan peningkatan aktivitas belajar IPS siswa pada siklus I 73,79% (baik) menjadi 81,69% (baik) siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa pada ranah koginitif pada siklus I 69,33 menjadi 79 siklus II, peningkatan hasil belajar ranah afektif pada siklus I 70,49% (baik) menjadi 79,33% (baik) siklus II dan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I 73,83% (baik) menjadi 80,23% (baik) siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD 6 Getassrabi Gebog Kudus. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 6 Getassrabi dapat disimpulkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD 6 Getassrabi Gebog Kudus Saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa mendengarkan penjelasan guru dengan baik sehingga dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru.&#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7968/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7968/2/BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7968/3/BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7968/4/BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7968/5/BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7968/6/BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7968/7/BAB_6.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7968/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7968/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>ROHAYATI, RIA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD 6 GETASSRABI GEBOG KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/7968/</relation><recordID>7968</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ROHAYATI, RIA
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD 6 GETASSRABI GEBOG KUDUS
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/7968/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7968/2/BAB_1.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7968/3/BAB_2.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7968/4/BAB_3.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7968/5/BAB_4.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7968/6/BAB_5.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7968/7/BAB_6.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7968/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7968/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/7968/
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, menjelaskan peningkatan aktivitas dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS materi Perkembangan Teknologi dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SD 6 Getassrabi. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together merupakan pembelajaran dengan kerja sama dengan kepala bernomor lebih tertuju ke siswa dalam mengolah dan melaporkan dari berbagai sumber kemudian dipresentasikan. Hasil belajar merupakan tingkat keberhasilan yang dicapai siswa pada proses pembelajaran diperoleh dari bentuk tes yang diukur dengan nilai dengan ranah koginitif, afektif, psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together meningkatkan keterampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD 6 Getassrabi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 6 Getassrabi Gebog Kudus dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas yaitu model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Sedangkan Variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru yang signifikan pada siklus I 79% (baik) menjadi 84,5% (baik) siklus II, didukung dengan peningkatan aktivitas belajar IPS siswa pada siklus I 73,79% (baik) menjadi 81,69% (baik) siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa pada ranah koginitif pada siklus I 69,33 menjadi 79 siklus II, peningkatan hasil belajar ranah afektif pada siklus I 70,49% (baik) menjadi 79,33% (baik) siklus II dan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I 73,83% (baik) menjadi 80,23% (baik) siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD 6 Getassrabi Gebog Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 6 Getassrabi dapat disimpulkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD 6 Getassrabi Gebog Kudus Saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa mendengarkan penjelasan guru dengan baik sehingga dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru.
id IOS3090.7968
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:04Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:04Z
recordtype dc
_version_ 1765996276045840384
score 17.13294