PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn SISWA KELAS V SD 3 ADIWARNO MEJOBO KUDUS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran, dan menemukan peningkatan Hasil belajar PKn siswa pada materi Keputusan bersama kelas V SD 3 Adiwarno. Model pembelajaran VCT yaitu model pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa, dapat mengarahkan pembelajaran pada tujuan dan memungkinkan terjadinya proses internalisasi nilai moral melalui cara-cara yang rasional, komunikatif, dan edukatif sehingga siswa dapat menjunjung tinggi nilai yang dianutnya secara kukuh dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian di SD 3 Adiwarno dengan subjek penelitian 15 siswa kelas V. Variabel bebas adalah Model Value Clarification Technique dan variabel terikat adalah Hasil Belajar PKn Materi Keputusan bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian keterampilan guru siklus I memperoleh skor rata-rata 65,25% (Tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 86,1% (Sangat Tinggi). Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 68,9% (Tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi 80,1% (Sangat Tinggi). Sedangkan hasil penelitian Hasil Belajar PKn siswa materi Keputusan Bersama pada siklus I ketuntasan klasikal 46,7% (Sedang) dengan skor rata-rata kelas 71. Meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal menjadi 86,7% (Sangat Tinggi) dengan skor rata-rata kelas 78,7.Hasil belajar siswa ranah afektif juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu memperoleh presentase klasikal 71,3% (Tinggi) dan siklus II dengan presentase 81,9% (Sangat Tinggi). Hasil belajar siswa ranah psikomotorik meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu memperoleh presentase sebesar 69,9% (Tinggi) dan siklus II dengan presentase sebesar 83,2% (Sangat Tinggi) Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Value Clarification Techniquedapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan Hasil Belajar PKn siswa kelas V SD 3 Adiwarno pada materi Keputusan Bersama. Adapun saran yang diberikan peneliti yaitu Model pembelajaran Value Clarification Technique dapat digunakan untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam pembelajaran PKn.