Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together. Model Pembelajaran Numbered Heads Together merupakan model pembelajaran Kooperatif yang mengutamakan adanya aktivitas para siswa dalam mencari dan mengolah serta melaporkan informasi yang diperoleh dari berbagai macam sumber. Model numbered heads together terdiri dari beberapa langkah yaitu dibagi kelompok, siswa diberi nomor, kelompok diberi tugas, kelompok mendiskusikan jawaban, guru memanggil salah satu nomor maju kedepan melaporkan hasil kerjasama, evaluasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N Jambean 03 Margorejo Pati dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Heads Together sedangkan variabel terikatnya adalah Hasil belajar PKn siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn menggunakan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan kerampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 80, 17% meningkat menjadi 84, 91%. Aktivitas siswa pada siklus I ke II meningkat dari persentase 91,64% meningkat menjadi 96,24%. Hasil belajar ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan siklus I ke siklus II yakni dari 75,37% menjadi 80,18%. Hasil belajar ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu 76,92% menjadi 96,94%. Hasil belajar ranah psikomotorik juga meningkat dilihat dari peningkatan siklus I ke siklus II yaitu 75,90% menjadi 95,56%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD N Jambean 03 Margorejo Pati. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran mata pelajaran PKn.