ctrlnum 7906
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Papercraft Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Peserta Didik Kelas Iv Sd 1 Gamong</title><creator>HILMAWAN, CHARIS ADI </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model PjBL berbantuan media papercraft dalam meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran materi sumber daya alam pada peserta didik kelas IV SD 1 Gamong Kaliwungu Kudus, (2) mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model PjBL berbantuan media papercraft dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA materi sumber daya alam pada peserta didik kelas IV SD 1 Gamong Kaliwungu Kudus, (3) mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas afektif dan psikomotorik peserta didik kelas IV SD 1 Gamong Kaliwungu Kudus dengan penerapan model PjBL berbantuan media papercraft.&#xD; Model project based learning adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Papercraft adalah seni membentuk suatu objek menggunakan media kertas yang hasilnya berupa tiga dimensiPemahaman Konsep merupakan proses dimana peserta didik menerima, menyerap, dan memahami konsep dalam pembelajaran secara keseluruhan dan benar.&#xD; Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 1Gamong dengan subjek penelitian 22 peserta didik. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya yang terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model project based learning berbantuan media papercraft. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data pemahaman konsep, pengamatan aktivitas (afektif dan psikomotorik), dan keterampilan mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan persentase keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I sebesar 65% dan siklus II menjadi 79%.Pemahaman konsep IPA peserta didik meningkat dari 74,80% pada siklus I menjadi 83,76% pada siklus II. Aktivitas (afektif dan psikomotorik) peserta didik pada siklus I sebesar 75,83% meningkat menjadi 82,08% pada siklus II.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1Gamong dapat disimpulkan bahwa melalui pengunaan model project based learningberbantuan media papercraftdapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPAserta keterampilan guru pada materi sumber daya alam di kelas IV SD 1 Gamong. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga dapat merangsang peserta didik agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA.&#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7906/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7906/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7906/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7906/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7906/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7906/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7906/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7906/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7906/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>HILMAWAN, CHARIS ADI (2017) Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Papercraft Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Peserta Didik Kelas Iv Sd 1 Gamong. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/7906/</relation><recordID>7906</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author HILMAWAN, CHARIS ADI
title Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Papercraft Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Peserta Didik Kelas Iv Sd 1 Gamong
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/7906/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7906/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7906/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7906/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7906/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7906/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7906/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7906/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7906/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/7906/
contents Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model PjBL berbantuan media papercraft dalam meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran materi sumber daya alam pada peserta didik kelas IV SD 1 Gamong Kaliwungu Kudus, (2) mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model PjBL berbantuan media papercraft dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA materi sumber daya alam pada peserta didik kelas IV SD 1 Gamong Kaliwungu Kudus, (3) mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas afektif dan psikomotorik peserta didik kelas IV SD 1 Gamong Kaliwungu Kudus dengan penerapan model PjBL berbantuan media papercraft. Model project based learning adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Papercraft adalah seni membentuk suatu objek menggunakan media kertas yang hasilnya berupa tiga dimensiPemahaman Konsep merupakan proses dimana peserta didik menerima, menyerap, dan memahami konsep dalam pembelajaran secara keseluruhan dan benar. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 1Gamong dengan subjek penelitian 22 peserta didik. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya yang terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model project based learning berbantuan media papercraft. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data pemahaman konsep, pengamatan aktivitas (afektif dan psikomotorik), dan keterampilan mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan persentase keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I sebesar 65% dan siklus II menjadi 79%.Pemahaman konsep IPA peserta didik meningkat dari 74,80% pada siklus I menjadi 83,76% pada siklus II. Aktivitas (afektif dan psikomotorik) peserta didik pada siklus I sebesar 75,83% meningkat menjadi 82,08% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1Gamong dapat disimpulkan bahwa melalui pengunaan model project based learningberbantuan media papercraftdapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPAserta keterampilan guru pada materi sumber daya alam di kelas IV SD 1 Gamong. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga dapat merangsang peserta didik agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA.
id IOS3090.7906
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:04Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:04Z
recordtype dc
_version_ 1765996275566641152
score 17.13294