Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi
Main Author: | Nida, Khofiyan |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf application/vnd.ms-powerpoint |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/790/1/Halaman_Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/790/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/790/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/790/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/790/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/790/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/790/7/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/790/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/790/10/Presentasi.pptx http://eprints.umk.ac.id/790/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelekual terhadap tingkat pemahaman akuntansi,dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian Mellandy dan Aziza (2006). Penelitian ini memiliki perbedaan penelitian-penelitian sebelumnya. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terdapat pada tempat, variabel, populasi, atau sampel yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode survey yang menggunkan data primer yang diperoleh dari kuesiner dan data sekunder yang diperoleh dengan cara melihat berdasarkan perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi Universitas Muria Kudus. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 81 mahasiswa tingkat akhir dari Universitas Muria Kudus. Penelitian ini memiliki dua variabel independen (kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual), satu variabel moderating (kepercayaan diri), dan satu variabel dependen (tingkat pemahaman akuntansi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kepercayaan diri memiliki pengaruh sebagai variabel moderating yang mempengaruhi hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman akuntansi.