ctrlnum 7897
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Pasir Untuk Peningkatan Keterampilan &#xD; Menulis Karangan Narasi Pada Siswa &#xD; Kelas Iv Sd 2 Bakalan Krapyak Kudus&#xD; </title><creator> NAFIDA , LAILA ILIYUN</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi dengan menerapkan model think talk write berbantuan media gambar pasir pada siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. &#xD; Model think talk write merupakan Model pembelajaran think talk write adalah sebuah pembelajaran yang dimulai dengan berpikir melalui bacaan ataupun gambar (menyimak, mengkritisi, dan alternatif solusi), hasil bacaannya atau pemikirannya dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi, kemudian membuat laporan presentasi dalam bentuk tulisan. Media gambar pasir berfungsi untuk memudahkan siswa dalam berimajinasi, sehingga siswa menemukan inspirasi berkata-kata yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi siswa dengan diterapkannya model think talk write berbantuan media gambar pasir pada siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kudus dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kudus dengan subjek penelitian 18 siswa atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model think talk write berbantuan media gambar pasir, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisisi secara kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model think talk write berbantuan media gambar pasir dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni , (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 67 dengan kriteria &#x201C;baik&#x201D; dan meningkat pada siklus II menjadi 85,50 dengan kriteria &#x201C;sangat baik&#x201D;, (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 63,91 dengan kriteria &#x201C;cukup&#x201D; meningkat pada siklus II menjadi 80,13 dengan kriteria &#x201C;baik&#x201D;. (3) persentase ketuntasan belajar klasikal pada tes keterampilan menulis karangan narasi siklus I 44,44% meningkat menjadi 94,45% pada tes keterampilan menulis karangan narasi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 66,28 menjadi 76,50 pada siklus II.&#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7897/1/HAL._JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7897/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7897/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7897/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7897/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7897/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7897/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7897/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7897/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>NAFIDA , LAILA ILIYUN (2017) Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Pasir Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Bakalan Krapyak Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/7897/</relation><recordID>7897</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author NAFIDA , LAILA ILIYUN
title Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Pasir Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Bakalan Krapyak Kudus
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/7897/1/HAL._JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7897/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7897/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7897/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7897/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7897/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7897/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7897/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7897/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/7897/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi dengan menerapkan model think talk write berbantuan media gambar pasir pada siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. Model think talk write merupakan Model pembelajaran think talk write adalah sebuah pembelajaran yang dimulai dengan berpikir melalui bacaan ataupun gambar (menyimak, mengkritisi, dan alternatif solusi), hasil bacaannya atau pemikirannya dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi, kemudian membuat laporan presentasi dalam bentuk tulisan. Media gambar pasir berfungsi untuk memudahkan siswa dalam berimajinasi, sehingga siswa menemukan inspirasi berkata-kata yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi siswa dengan diterapkannya model think talk write berbantuan media gambar pasir pada siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kudus dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kudus dengan subjek penelitian 18 siswa atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model think talk write berbantuan media gambar pasir, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD 2 Bakalan Krapyak Kudus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisisi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model think talk write berbantuan media gambar pasir dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni , (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 67 dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 85,50 dengan kriteria “sangat baik”, (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 63,91 dengan kriteria “cukup” meningkat pada siklus II menjadi 80,13 dengan kriteria “baik”. (3) persentase ketuntasan belajar klasikal pada tes keterampilan menulis karangan narasi siklus I 44,44% meningkat menjadi 94,45% pada tes keterampilan menulis karangan narasi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 66,28 menjadi 76,50 pada siklus II.
id IOS3090.7897
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:03Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:03Z
recordtype dc
_version_ 1765996275533086720
score 17.13294