ctrlnum 7895
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Model Index Card Match Berbantu Media Susun Puzzle Pada Siswa Kelas Iv Sd N 7 Cendono Dawe Kudus&#xD; &#xD; &#xD; </title><creator>HIDAYAH, NOR </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran IPS dilihat dari perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa, serta media pembelajaran pada siswa kelas IV SD N 7 Cendono melalui Model Index Card Match berbantu media susun Puzzle pada materi Koperasi.&#xD; Kualitas pembelajaran merupakan tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan yang dapat dilihat dari segi proses dan segi hasil pembelajaran. Model Index Card Match adalah metode mencari pasangan kartu dengan cara siswa berkeliling mencari teman untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang didapat atau sebaliknya. Media susun puzzle adalah suatu media permaian edukatif yang dapat merangsang kemampuan dan keterampilan kognitif anak dengan cara bongkar pasang bagian-bagian dalam puzzle sehingga menjadi suatu gambar atau objek. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu terdapat peningkatan kualitas pembelajaran IPS dilihat dari perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa, serta media pembelajaran pada siswa kelas IV SD N 7 Cendono melalui Model Index Card Match berbantu media susun Puzzle pada materi Koperasi.&#xD; Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD N 7 Cendono Dawe Kudus dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model Index Card Match Berbantu Media Susun Puzzle dan variabel terikat yaitu kualitas pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian terdapat peningkatan kualitas pembelajaran IPS dilihat dari perilaku pembelajaran guru dengan menerapkan model Index Card Match berbantu media susun Puzzle pada siklus I 81,25% (baik) dan siklus II 90,625% (sangat baik), perilaku belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I 72,22% (baik) dan siklus II 76,68% (baik), dampak belajar siswa siklus I 70% (tinggi) dan siklus II 88% (sangat tinggi), serta media pembelajaran pada siklus I 81,25% (tinggi) dan siklus II 90,625% (sangat tinggi).&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD N 7 Cendono Dawe Kudus dapat disimpulkan bahwa model Index Card Match berbantu media susun Puzzle dapat meningkatkan perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa, dan media pembelajaran. Saran bagi guru untuk lebih memberikan motivasi kepada siswa agar berani bertanya terkait materi yang belum dipahami siswa dengan baik.&#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7895/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7895/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7895/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7895/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7895/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7895/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7895/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7895/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7895/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>HIDAYAH, NOR (2017) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Model Index Card Match Berbantu Media Susun Puzzle Pada Siswa Kelas Iv Sd N 7 Cendono Dawe Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/7895/</relation><recordID>7895</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author HIDAYAH, NOR
title Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Model Index Card Match Berbantu Media Susun Puzzle Pada Siswa Kelas Iv Sd N 7 Cendono Dawe Kudus
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/7895/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7895/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7895/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7895/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7895/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7895/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7895/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7895/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7895/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/7895/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran IPS dilihat dari perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa, serta media pembelajaran pada siswa kelas IV SD N 7 Cendono melalui Model Index Card Match berbantu media susun Puzzle pada materi Koperasi. Kualitas pembelajaran merupakan tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan yang dapat dilihat dari segi proses dan segi hasil pembelajaran. Model Index Card Match adalah metode mencari pasangan kartu dengan cara siswa berkeliling mencari teman untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang didapat atau sebaliknya. Media susun puzzle adalah suatu media permaian edukatif yang dapat merangsang kemampuan dan keterampilan kognitif anak dengan cara bongkar pasang bagian-bagian dalam puzzle sehingga menjadi suatu gambar atau objek. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu terdapat peningkatan kualitas pembelajaran IPS dilihat dari perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa, serta media pembelajaran pada siswa kelas IV SD N 7 Cendono melalui Model Index Card Match berbantu media susun Puzzle pada materi Koperasi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD N 7 Cendono Dawe Kudus dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model Index Card Match Berbantu Media Susun Puzzle dan variabel terikat yaitu kualitas pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan kualitas pembelajaran IPS dilihat dari perilaku pembelajaran guru dengan menerapkan model Index Card Match berbantu media susun Puzzle pada siklus I 81,25% (baik) dan siklus II 90,625% (sangat baik), perilaku belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I 72,22% (baik) dan siklus II 76,68% (baik), dampak belajar siswa siklus I 70% (tinggi) dan siklus II 88% (sangat tinggi), serta media pembelajaran pada siklus I 81,25% (tinggi) dan siklus II 90,625% (sangat tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD N 7 Cendono Dawe Kudus dapat disimpulkan bahwa model Index Card Match berbantu media susun Puzzle dapat meningkatkan perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa, dan media pembelajaran. Saran bagi guru untuk lebih memberikan motivasi kepada siswa agar berani bertanya terkait materi yang belum dipahami siswa dengan baik.
id IOS3090.7895
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:03Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:03Z
recordtype dc
_version_ 1765996275528892416
score 17.13294