ctrlnum 7881
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn I Mlati Lor Kudus Melalui Model Two Stay Two Stray &#xD; Berbantu Media Album Pintar&#xD; </title><creator> ARDLIANI , FATMALA</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan mengajar guru selama proses pembelajaran berlangsung dan mengkaji peningkatan hasil belajar IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V SDN 1 Mlati Lor Kudus setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu media album pintar.&#xD; Hasil belajar IPS ini diperoleh siswa setelah mengalami proses pembelajaran dikelas. Hasilnya dapat dilihat dari segi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Model Two Stay Two Stray adalah model pembelajaran dua sebagai tamu dan dua sebagai pemberi informasi. Media album pintar merupakan kumpulan foto yang menarik untuk memudahkan siswa dalam mempelajari IPS materi peristiwa proklamsi kemerdekaan Indonesia. Album pintar ini didalamnya bukan hanya foto-foto saja melainkan ada juga isi atau alur cerita dari foto yang menggambarkan para pahlawan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Tanggart dalam 2 siklus. Tahapan penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Mlati lor dengan jumlah 27 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model Two Stay Two Stary, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis interaktif untuk data kualitatif. &#xD; Keterampilan mengajar guru dengan menggunakan model Two Stay Two Stray berbantu media album pintar juga mengalami peningkatan pada siklus I 77,3% (baik) menjadi 83,3% (baik) siklus II. Hasil penelitian terhadap peningkatan hasil belajar IPS aspek kognitif pada siklus I 63% (cukup) dan siklus II 81,48% (baik). Didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus I 67,6% (baik) menjadi 85,3% (sangat baik) siklus II. Hasil belajar siswa aspek psikomotorik pada siklus I 60,8% (cukup) menjadi 77,5% (baik) siklus II. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 1 Mlati Lor Kudus dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu media album pintar serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Saran yang diberikan adalah siswa yang tidak tuntas sebaiknya belajar lebih giat lagi. &#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7881/1/Halaman_Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7881/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7881/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7881/4/BAB_III_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7881/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7881/6/BAB_V_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7881/7/BAB_VI_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7881/8/Daftar_Pustaka_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7881/9/Lampiran_.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>ARDLIANI , FATMALA (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn I Mlati Lor Kudus Melalui Model Two Stay Two Stray Berbantu Media Album Pintar. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/7881/</relation><recordID>7881</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ARDLIANI , FATMALA
title Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn I Mlati Lor Kudus Melalui Model Two Stay Two Stray Berbantu Media Album Pintar
publishDate 2017
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/7881/1/Halaman_Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7881/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7881/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7881/4/BAB_III_.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7881/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7881/6/BAB_V_.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7881/7/BAB_VI_.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7881/8/Daftar_Pustaka_.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7881/9/Lampiran_.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/7881/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan mengajar guru selama proses pembelajaran berlangsung dan mengkaji peningkatan hasil belajar IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V SDN 1 Mlati Lor Kudus setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu media album pintar. Hasil belajar IPS ini diperoleh siswa setelah mengalami proses pembelajaran dikelas. Hasilnya dapat dilihat dari segi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Model Two Stay Two Stray adalah model pembelajaran dua sebagai tamu dan dua sebagai pemberi informasi. Media album pintar merupakan kumpulan foto yang menarik untuk memudahkan siswa dalam mempelajari IPS materi peristiwa proklamsi kemerdekaan Indonesia. Album pintar ini didalamnya bukan hanya foto-foto saja melainkan ada juga isi atau alur cerita dari foto yang menggambarkan para pahlawan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Tanggart dalam 2 siklus. Tahapan penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Mlati lor dengan jumlah 27 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model Two Stay Two Stary, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis interaktif untuk data kualitatif. Keterampilan mengajar guru dengan menggunakan model Two Stay Two Stray berbantu media album pintar juga mengalami peningkatan pada siklus I 77,3% (baik) menjadi 83,3% (baik) siklus II. Hasil penelitian terhadap peningkatan hasil belajar IPS aspek kognitif pada siklus I 63% (cukup) dan siklus II 81,48% (baik). Didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus I 67,6% (baik) menjadi 85,3% (sangat baik) siklus II. Hasil belajar siswa aspek psikomotorik pada siklus I 60,8% (cukup) menjadi 77,5% (baik) siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 1 Mlati Lor Kudus dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu media album pintar serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Saran yang diberikan adalah siswa yang tidak tuntas sebaiknya belajar lebih giat lagi.
id IOS3090.7881
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:02Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996275467026432
score 17.13294