PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN LEGO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SD 1 KEDUNGDOWO
Daftar Isi:
- Pembelajaran matematika kelas IV di SD 1 Kedungdowo seringkali guru hanya memberikan tugas secara prosedural, guru hanya mencontohkan cara penyelesaian dengan menggunakan soal rutin dan guru juga belum pernah menggunakan permainan dalam pembelajaran matematika. Permasalahan tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan kondisi tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan penerapan model pembelajaran PBL berbantuan permainan lego untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika materi pecahan; (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PBL berbantuan permainan lego untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan siswa kelas IV SD 1 Kedungdowo; (3) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PBL berbantuan permainan lego untuk meningkatkan aktivitas pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan di kelas IV SD 1 Kedungdowo dengan subjek penelitian guru dan 28 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model PBL berbantuan permainan lego. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yakni kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika 74,28 (baik) dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 86%. Didukung dengan aktivitas pemecahan masalah siswa memperoleh skor 3,01 (baik). Selain itu, keterampilan guru mengelola pembelajaran matematika yaitu 85% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dikelas IV SD 1 Kedungdowo dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan permainan lego dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan kelas IV SD 1 Kedungdowo. Peneliti berharap agar model pembelajaran problem based learning berbantuan permainan lego dapat digunakan dan dikembangkan guna meningkatkan mutu pembelajaran.