Peningkatan Pemahaman Konsep Keliling, Luas Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Pendekatan Pmri Berbantuan Media Papan Catur Siswa Kelas Iii Sdn Sumbersoko 01
Main Author: | GHOZI, SAIFULLAH AL |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/7864/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/7864/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/7864/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/7864/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/7864/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/7864/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/7864/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/7864/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/7864/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep keliling, luas persegi dan persegi panjang, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan PMRI berbantuan media papan catur siswa kelas III SDN Sumbersoko 01 Pemahaman konsep adalah suatu kompetensi yang ditunjukkan siswa dalam memahami konsep ide-ide matematik. Pendekatan PMRI adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dikhususkan untuk pelajaran matematika yang di dalam pembelajarannya mengutamakan unsur penemuan dan bersifat nyata. Media papan catur adalah media yang digunakan untuk membantu siswa dalam menemukan konsep persegi dan persegi panjang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Sumbersoko 01 dengan subjek penelitian 21 orang siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan terikat, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitif dan kualitatif. Hasil kemampuan pemahaman konsep siswa secara klasikal, pada prasiklus diperoleh rata-rata persentase 45.16% meningkat pada siklus I menjadi 70.59% dan meningkat pada siklus II menjadi 82.62%. Pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2.68 dan meningkat pada siklus II menjadi 3.21. Dan pada hasil observasi keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2.99 dan meningkat pada siklus II menjadi 3.43. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas III SDN Sumbersoko 01 dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PMRI berbantuan media papan catur pada materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Bagi guru maupun peneliti selanjutnya sebaiknya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menciptakan ide-ide yang lebih kreatif lagi sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.