ctrlnum 7301
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Model Stad Kelas Iv Di Sd 4 Loram Kulon</title><creator>Indrayati, Novia Ajeng </creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasi belajar Pkn materi globalisasi melalui model STAD. Model STAD (Student Team Achievement Division) adalah merupakan model pembelajaran kooperatif yang menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota 4-5 orang siswa secara heterogen, diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaan, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis dan penghargaan kelompok.&#xD; Penelitian tindakan kelas berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi , refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 4 Loram Kulon yang berjumlah 18 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model STAD dan variabel terikat adalah adalah pembelajaran PKn materi Globalisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan model STAD dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata 73,6% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II menjadi 81%dengan kualifikasi baik . Aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I diperoleh rata-rata 66,4% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 77% dengan kualifikasi baik dan Aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus Idiperoleh rata-rata 65% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 76,3% dengan kualifikasi baik . Hasil belajar siswa meningkat dilihat dari kondisi pra siklus ketuntasan klasikal sebesar 33% kurang dengan rata-rata 65,27, meningkat pada siklus I sebesar 72% dengan kualifikasi baik dengan rata-rata 75 dan siklus II sebesar 83% dengan kualifikasi baik dengan rata-rata 78.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan pada kelas IV di SD 4 Loram Kulon dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model STADdapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswapada pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV di SD 4 Loram Kulon. Peneliti menyarankan pada guru agar menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktivan siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar.&#xD; </description><date>2017</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7301/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7301/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7301/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7301/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7301/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7301/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7301/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7301/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7301/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/vnd.ms-powerpoint</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7301/10/PPT__SKRIPSI.pptx</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Indrayati, Novia Ajeng (2017) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Model Stad Kelas Iv Di Sd 4 Loram Kulon. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/7301/</relation><recordID>7301</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
File:application/vnd.ms-powerpoint
author Indrayati, Novia Ajeng
title Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Model Stad Kelas Iv Di Sd 4 Loram Kulon
publishDate 2017
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/7301/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7301/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7301/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7301/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7301/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7301/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7301/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7301/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7301/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7301/10/PPT__SKRIPSI.pptx
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/7301/
contents Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasi belajar Pkn materi globalisasi melalui model STAD. Model STAD (Student Team Achievement Division) adalah merupakan model pembelajaran kooperatif yang menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota 4-5 orang siswa secara heterogen, diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaan, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis dan penghargaan kelompok. Penelitian tindakan kelas berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi , refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 4 Loram Kulon yang berjumlah 18 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model STAD dan variabel terikat adalah adalah pembelajaran PKn materi Globalisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan model STAD dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata 73,6% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II menjadi 81%dengan kualifikasi baik . Aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I diperoleh rata-rata 66,4% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 77% dengan kualifikasi baik dan Aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus Idiperoleh rata-rata 65% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 76,3% dengan kualifikasi baik . Hasil belajar siswa meningkat dilihat dari kondisi pra siklus ketuntasan klasikal sebesar 33% kurang dengan rata-rata 65,27, meningkat pada siklus I sebesar 72% dengan kualifikasi baik dengan rata-rata 75 dan siklus II sebesar 83% dengan kualifikasi baik dengan rata-rata 78. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan pada kelas IV di SD 4 Loram Kulon dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model STADdapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswapada pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV di SD 4 Loram Kulon. Peneliti menyarankan pada guru agar menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktivan siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar.
id IOS3090.7301
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2017-07-31T23:12:48Z
last_indexed 2017-08-19T23:55:51Z
recordtype dc
_version_ 1765996272805740544
score 17.13294