Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanmendeskripsikan model pembelajaranquantum writing berbantuan media puzzledanmenemukanpeningkatanketerampilanmenulispadamatapelajaranBahasa Indonesia materiSuratUndaganKelas V SD Tuwang 1 Demak. Menulisadalahsuatu kegiatan menyampaikan informasi melalui media tulisan.Menulisadalah kegiatan menyampaikan ide, gagasan, dan informasi secara tidak langsung. Keterampilan menulis dapat ditingkatkan dengan cara banyak berlatih.Quantum writing merupakan model pembelajaranyang dapatmenumbuhkan potensi diri seseorang dan dapat ditularkan kepada orang lain.Quantumwritingmempunyaitujuh tahapyaitu persiapan, draf kasar, berbagi, revisi, menyunting, penulisan kembali, dan evaluasi.Puzzle adalah media pembelajaran yang berupapotongangambarataukalimat yang diususun. Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahmodelpembelajaranquantum writing berbantuan media puzzle dapatmeningkatkanketerampilanmenulissuratundangansiswakelas V di SD Tuwang 1 Demak. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas V SD Tuwang 1 Demakdengansubjekpenelitianseorang guru pengelolapembelajarandan 33 siswa.Penelitianberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterditidariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebaspenerapanmodelquantum writing,sedangkanVariabelterikatketerampilanmenulissuratundangan. Instrumendalampenelitianiniadalahlembarwawancara, pedomanobservasi, tes, dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwadengan penggunaanmodel quantum writing berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan gurudalammengelolapembelajaran,aktivitassiswa, danketerampilan menulissuratundangansiswa. Hal initerlihatdaritercapainyaindikatorkeberhasilanyakni (1) keterampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiklus I kesiklus II meningkatdaripersentase 83% dengankriteria “sangatbaik” menjadi 91,1% dengankriteria “sangatbaik” (2) aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 69,4% dengankriteria “baik” menjadi91,1% dengankriteria “sangatbaik” (3) keterampilanmenulissuratundangansiswapada siklus I ke siklus IIjugameningkatdari72,7%dengankriteria “baik” menjadi90,9%dengankriteria “sangatbaik”. Hal tersebutmembuktikanbahwapenerapanmodelquantum writing berbantuan media puzzledapatmeningkatkanketerampilanmenulissuratundangansiswakelas V di SD Tuwang 1 Demak. Simpulandalampenelitianiniadalahpenerapanmodelquantum writing berbantuan media puzzle dapatmeningkatkanketerampilan gurudalammengelolapembelajaran,aktivitassiswa, danketerampilan menulissuratundangansiswakelas V di SD Tuwang 1 Demak, dan saran dalampenelitianini guru hendaknyamenerapkanmodel quantum writing berbantuan media puzzledalampembelajaranBahasa Indonesia di kelas V. Bagisiswahendaknyaaktifselama proses pembelajaranberlangsung. Bagipenelitilain, penelitianinidiharapkanmampumemicuberkembangnyapenelitian-penelitianbaru yang lebihkreatifdaninovatif, khususnyaterhadappembelajaranBahasa Indonesia keterampilanmenulis.