Daftar Isi:
  • Tujuanpenelitiantindakankelasiniadalah (1) Untuk mengetahuipeningkatanketerampilan guru dalam menerapkan model Problem Based Learning berbasis Visual pada pembelajaran PKn kelas IV di SD 09 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam penerapan model Problem Based Learning berbasis Visual pada pembelajaran PKn kelas IV di SD 09 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn setelah diterapkan model Problem Based Learning berbasis Visual pada siswa kelas IV SD 09 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. PenerapanModel Problem Based Learningberbasis media Visual merupakan model pembelajaran yang mengarahkansiswauntukberpikirsecaraluasdalammenyelesaikanmasalahmelalui proses kerjakelompoksehinggasiswadapatmemberdayakan, mengasahdanmengembangkankemampuanberpikirnyasecaraberkesinambungan. Hasilbelajaradalahperolehan proses belajaryang berupapengetahuan, sikapdanketerampilan (kognitif, afektif, psikomotorik). Penelitian tindakan kelas dilaksananakan di kelas IV SD 09 Gondosari Gebog Kudus, dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap 1 siklus ada tahapansetiapsiklusterdiridariempattahapan PTK yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. Variabelbebasadalah model Problem Based Learning,sedangkanvariabel terikatnyaadalahhasilbelajarPKn.Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dokumentasidantes.Datayang diperolehdaritindakandianalisissecarakuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatandiantaranyapadaketerampilan guru siklus I mencapai rata-rata persentasesebesar 71,88 % (baik) danmeningkatpadasiklus II rata-rata sebesar 82,5 % (sangatbaik). Aktivitassiswaranahafektifpadasiklus I rata-rata mencapai 73,9 % (baik), meningkatpadasiklus II rata-rata mencapai 79,99 % (baik). Aktivitassiswaranahpsikomotorik rata-rata sebesar 77,71 % (baik) danmeningkatpadasiklus II rata-rata sebesar 80,46 (sangatbaik). Hasilbelajarranahkognitif rata-rata ketuntasanklasikalprasiklusmencapai 45,83% danmeningkatpadasiklus I dengan rata-rata ketuntasanklasikalmencapai 79,16% (Baik) danmeningkatlagipadasiklus II rata-rata ketuntasanklasikalsebesar 87,5% (SangatBaik). Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelasdapatdisimpulkanbahwapenerapan model Problem Based Learningberbasis media visualdapatmeningkatkanketerampilan guru, aktivitasbelajarsiswadanhasilbelajarPKnsiswakelas IV SD 09 GondosariKecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Untuk itu saran dalam penelitian ini hendaknya siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran PKn serta model Problem Based Learning dapat dijadikan guru sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa dan aktivitas siswa.