Penerapan Model Pembelajaran Role Playingdengan Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 2 Mlatinorowito Kudus
Main Author: | Hadi M, Rizqiya |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf application/vnd.ms-powerpoint |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/6869/1/halaman_depan.pdf http://eprints.umk.ac.id/6869/2/bab_1.pdf http://eprints.umk.ac.id/6869/3/bab_2.pdf http://eprints.umk.ac.id/6869/4/bab_3.pdf http://eprints.umk.ac.id/6869/5/bab_4.pdf http://eprints.umk.ac.id/6869/6/bab_5.pdf http://eprints.umk.ac.id/6869/7/bab_6.pdf http://eprints.umk.ac.id/6869/8/daftar_pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/6869/9/lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/6869/10/PPT_SKRIPSI.pptx http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/6869/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilan guru mengelolapembelajaran, meningkatkanaktivitassiswadalampembelajarandanmeningkatkanhasilbelajardenganmenerapkan model role playingpadamatapelajaran IPS materiperantokohproklamasikelas V SD 2 Mlatinorowito. Hasilbelajaradalahperubahanperilaku yang diperolehsiswasetelahmengalamiaktivitasbelajar yang dilihatdariaspekkognitif, afektif, psikomotor. Model role playingmerupakaninovasidalampembelajarankarenadalamrole playingkemampuanberfikirsiswabenar-benardioptimalkanmelalui proses kerjabermainperan, hipotesistindakan yang diajukanadalahpeningkatanhasilbelajar IPS materiperantokohproklamasikemerdekaan Indonesia yang signifikandenganditerapkan model pembelajaranrole playingpadakelas V SD 2 Mlatinorowito Kudus tahunajaran 2015/2016. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas V SD 2 Mlatinorowito Kudus dengansubjekpenelitian 32 siswadan guru yang berlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariduapertemuan, variabelbebasdalampenelitianiniadalah model role playingberbantuan video pembelajaran, sedangkanvariabelterikatnyayaituhasilbelajar IPS padamateriperantokohproklamasikemerdekaan Indonesia. Metodepengumpulan data berupawawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Data yang diperolehdaritindakan yang dilakukandianalisissecarakuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapan model pembelajaranrole playing dapatmeningkatkanketerampilanmengajar guru, aktivitasbelajarsiswa, danhasilbelajarsiswa.Hal inidapatdilihatdaritercapainyaindikatorkeberhasilansebagaiberikut. (1) keterampilan guru padasiklus I memperoleh 64,5% (cukupbaik), danmeningkatpadasiklus II menjadi 80,5% (sangatbaik), (2) aktivitasbelajarsiswapadasiklus I memperoleh 69,92% (tinggi) meningkatpadasiklus II menjadi 88,37% (sangattinggi), (3) peningkatanhasilbelajarsiswapadaaspekkognitifdarisiklus I memperoleh71 (tinggi) danmeningkatpadasiklus II menjadi 80% (sangattinggi). Aspekafektifpadasiklus I memperoleh61% (tinggi), padasiklus II memperoleh 79% (tinggi).Aspekpsikomotoriksiklus I memperoleh 66,5% (tinggi) dansiklus II memperoleh 79% (tinggi). Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas di atasdapatdisimpukanbahwapenerapan model pembelajaranrole playingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamateriperantokohkemerdekaan Indonesia padasiswakelas V SD 2 Mlatinorowito Kudus. Untukitudisarankandalampenelitianiniketika guru menggunakan model pembelajaranrole playing, hendaknya guru dapatmembimbingsiswadenganbaikpadasaatpelaksanaan drama sedangberlangsung, agar hasilbelajar yang didapatkansiswamenjadimaksimal.