ctrlnum 6836
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Kesiapan Wawancara Kerja Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audio Visual Pada Siswa Kelas Xi &#xD; Tkj Smk Ma&#x2019;arif Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 &#xD; &#xD; </title><creator>Saadah, Naila </creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Wawancara kerja adalah bagian dari proses penerimaan karyawan yang sering kali membuat banyak orang merasa ketar-ketir. Untuk meningkatkan kesiapan wawancara kerja maka diperlukanlah sebuah layanan bimbingan konseling dan layanan yang digunakan adalah layanan informasi dengan memanfaatkan media audio visual. Masalah penelitian ini antara lain: 1. Bagaimana layanan informasi berbantuan audio visual dalam meningkatkan kesiapan wawancara kerja pada siswa kelas XI TKJ SMK Ma&#x2019;arif Kudus tahun pelajaran 2015/2016? 2. Bagaimana peningkatkan kesiapan wawancara kerja setelah pelaksaaan layanan informasi berbantuan audio visual pada siswa kelas XI TKJ SMK Ma&#x2019;arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016?&#xD; Tujuan penelitian ini antara lain: 1. Mendeskripsikan penerapan layanan informasi berbantuan audio visual untuk meningkatkan kesiapan wawancara kerja pada siswa kelas XI TKJ SMK Ma&#x2019;arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. 2. Mendeskripsikan peningkatan kesiapan wawancara kerja setelah pelaksanaan layanan informasi berbantuan audio visual pada siswa kelas XI TKJ SMK Ma&#x2019;arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016.&#xD; Jenis penelitian PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah 30 siswa XI TKJ SMK NU Ma&#x2019;arif Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif.&#xD; Hasil penelitian pada pra siklus diketahui kondisi kesiapan wawancara kerja sangat kurang dengan skor rata-rata 16,8. Siklus I kondisi kesiapan wawancara kerja cukup dengan skor rata-rata 31,3. Siklus II kondisi kesiapan wawancara kerja sangat baik dengan skor rata-rata 43,9. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti jabarkan pada bab sebelumnya, peneliti menyimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: 1. Keterampilan peneliti dalam layanan informasi berbantuan audio visual pada siklus I mendapatkan skor 55 (55%) kategori (Cukup), pada siklus II mendapatkan skor 89 (89%) kategori (Sangat baik). 2. Kondisi kesiapan wawancara kerja pada pra siklus diketahui skor rata-rata 16,8 (34%) kategori (sangat kurang). Pada siklus I diketahui kesiapan wawancara kerja siswa dengan skor rata-rata (31,3) (63%) kategori (Cukup), siklus II diketahui kesiapan wawancara kerja siswa diketahui skor rata-rata (43,9) (88%) kategori (Sangat baik). Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini: 1. Layanan Informasi Berbantuan Audio Visual dapat meningkatkan kesiapan wawancara kerja siswa kelas XI TKJ 1 SMK Ma&#x2019;arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. 2. Kesiapan dalam wawancara kerja dapat ditingkatkan melalui Layanan Informasi Berbantuan Audio Visual, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Saran yang peneliti sampaikan antara lain: 1. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya memberikan perhatian khusus kepada siswa untuk mendapatkan pelatihan, kompetensi dan keterampilan untuk mempersiapkan siswa dalam memasuki dunia kerja, salah satunya adalah dengan memberikan dukungan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya layanan informasi. 2. Konselor Sekolah: Konselor sekolah hendaknya mengoptimalkan pelaksanaan layanan bimbingan konseling di sekolah, salah satunya adalah layanan informasi dan konselor sekolah dapat mempergunakan berbagai jenis teknik dan media pembelajaran yang sesuai dengan layanan yang digunakan, terutama layanan audio visual. 3. Siswa: Siswa memperkaya informasi mengenai dunia kerja dan dunia industri serta belajar dengan giat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan kerja terutama dalam wawancara kerja. 4. Peneliti selanjutnya: Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mempergunakan media dan teknik pembelajaran yang lebih variatif untuk memberikan bekal kepada siswa dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dan dunia industri terutama dalam wawancara kerja.&#xD; </description><date>2017</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6836/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6836/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6836/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6836/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6836/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6836/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6836/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6836/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6836/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/vnd.ms-powerpoint</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6836/10/PPT_SIDANG.pptx</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Saadah, Naila (2017) Peningkatan Kesiapan Wawancara Kerja Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audio Visual Pada Siswa Kelas Xi Tkj Smk Ma&#x2019;arif Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/6836/</relation><recordID>6836</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
File:application/vnd.ms-powerpoint
author Saadah, Naila
title Peningkatan Kesiapan Wawancara Kerja Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audio Visual Pada Siswa Kelas Xi Tkj Smk Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017
publishDate 2017
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/6836/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6836/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6836/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6836/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6836/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6836/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6836/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6836/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6836/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6836/10/PPT_SIDANG.pptx
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/6836/
contents Wawancara kerja adalah bagian dari proses penerimaan karyawan yang sering kali membuat banyak orang merasa ketar-ketir. Untuk meningkatkan kesiapan wawancara kerja maka diperlukanlah sebuah layanan bimbingan konseling dan layanan yang digunakan adalah layanan informasi dengan memanfaatkan media audio visual. Masalah penelitian ini antara lain: 1. Bagaimana layanan informasi berbantuan audio visual dalam meningkatkan kesiapan wawancara kerja pada siswa kelas XI TKJ SMK Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2015/2016? 2. Bagaimana peningkatkan kesiapan wawancara kerja setelah pelaksaaan layanan informasi berbantuan audio visual pada siswa kelas XI TKJ SMK Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini antara lain: 1. Mendeskripsikan penerapan layanan informasi berbantuan audio visual untuk meningkatkan kesiapan wawancara kerja pada siswa kelas XI TKJ SMK Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. 2. Mendeskripsikan peningkatan kesiapan wawancara kerja setelah pelaksanaan layanan informasi berbantuan audio visual pada siswa kelas XI TKJ SMK Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah 30 siswa XI TKJ SMK NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian pada pra siklus diketahui kondisi kesiapan wawancara kerja sangat kurang dengan skor rata-rata 16,8. Siklus I kondisi kesiapan wawancara kerja cukup dengan skor rata-rata 31,3. Siklus II kondisi kesiapan wawancara kerja sangat baik dengan skor rata-rata 43,9. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti jabarkan pada bab sebelumnya, peneliti menyimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: 1. Keterampilan peneliti dalam layanan informasi berbantuan audio visual pada siklus I mendapatkan skor 55 (55%) kategori (Cukup), pada siklus II mendapatkan skor 89 (89%) kategori (Sangat baik). 2. Kondisi kesiapan wawancara kerja pada pra siklus diketahui skor rata-rata 16,8 (34%) kategori (sangat kurang). Pada siklus I diketahui kesiapan wawancara kerja siswa dengan skor rata-rata (31,3) (63%) kategori (Cukup), siklus II diketahui kesiapan wawancara kerja siswa diketahui skor rata-rata (43,9) (88%) kategori (Sangat baik). Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini: 1. Layanan Informasi Berbantuan Audio Visual dapat meningkatkan kesiapan wawancara kerja siswa kelas XI TKJ 1 SMK Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. 2. Kesiapan dalam wawancara kerja dapat ditingkatkan melalui Layanan Informasi Berbantuan Audio Visual, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Saran yang peneliti sampaikan antara lain: 1. Kepala Sekolah: Kepala sekolah hendaknya memberikan perhatian khusus kepada siswa untuk mendapatkan pelatihan, kompetensi dan keterampilan untuk mempersiapkan siswa dalam memasuki dunia kerja, salah satunya adalah dengan memberikan dukungan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya layanan informasi. 2. Konselor Sekolah: Konselor sekolah hendaknya mengoptimalkan pelaksanaan layanan bimbingan konseling di sekolah, salah satunya adalah layanan informasi dan konselor sekolah dapat mempergunakan berbagai jenis teknik dan media pembelajaran yang sesuai dengan layanan yang digunakan, terutama layanan audio visual. 3. Siswa: Siswa memperkaya informasi mengenai dunia kerja dan dunia industri serta belajar dengan giat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan kerja terutama dalam wawancara kerja. 4. Peneliti selanjutnya: Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mempergunakan media dan teknik pembelajaran yang lebih variatif untuk memberikan bekal kepada siswa dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dan dunia industri terutama dalam wawancara kerja.
id IOS3090.6836
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2017-07-11T01:26:55Z
last_indexed 2017-07-11T01:26:55Z
recordtype dc
_version_ 1765996269999751168
score 16.845257