Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntuk (1)mengetahuipeningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD 4 Kesambi Kudus, (2) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas melalui model think talk write berbantuan media gambar fotografi pada siswa kelas V SD 4 Kesambi Kudus, (3) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas V SD 4 Kesambi Kudus dengan diterapkannya model think talk write berbantuan media gambar fotografi. Keterampilan menulis puisi merupkansuatukemampuanatauketerampilanbahasaseseorangdalammegungkapkangagasanpikiranberbentuksajakdenganbahasa yang dipadatkan, menggunakanpilihan kata tertentu (diksi). Model think talk write merupakan model pembelajaran yang dapatmelatihanakberfikirmelalui LKS ataubahanbacaan, kemudianbahanbacaanatau LKS tersebutdidiskusikandengantemannya, kemudianhasildiskusitersebutdituangkankedalambentuktulisan. Model iniakanditerapkandalammatapelajaranbahasa Indonesia materipuisibebaskelas V. Model inidibantuoleh media gambarfotografiberupafoto guru, SD 4 Kesambi, sepeda, pemandanganpantai. Hipotesistindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model think talk write berbantuan media gambar fotografi dapat meningkatkan keterampilan menulis, keterampilan guru, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi puisi bebas di SD 4 Kesambi Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SD 4 Kesambi Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model think talk write berbantuan media gambar fotografi. Variabel terikat adalah keterampilan menulis puisi. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapan model think talk writeberbantuan media gambarfotografidapatmeningkatnkanketerampilanmenulispuisisiswa, keterampilanmengajar guru, danaktivitasbelajarsiswa. Hal initerlihatdaritercapainyaindikatorkeberhasilanyakni (1) persentaseketuntasanbelajarklasikalpadatesketerampilanmenulispuisisiklus I 69,57% meningkatmenjadi 91,3% padatesketerampilanmenulispuisisiklus II denganpeningkatannilai rata-rata kelaspadasiklus I 68,69 menjadi 82,17 padasiklus II; (2) keterampilan guru