Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Congklak Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Ngembal Kulon Kudus
Main Author: | Aini, Nurul |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/6664/1/COVER.pdf http://eprints.umk.ac.id/6664/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/6664/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/6664/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/6664/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/6664/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/6664/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/6664/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/6664/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/6664/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanbagaimanapeningkatanketerampilan guru dalammengelolapembelajaranmatematikamaterioperasibilanganbulat yang dilakukan guru padasiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus melalui model pembelajaranInquiry berbantuan media congklak, mendiskripsikanbagaimanaaktivitassiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus dalampembelajaranmeterioperasibilanganbulatmelalui model Inquiry berbantuan media congklak, menemukanapakah model pembelajaranInquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepoperasibilanganbulatsiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Pemahamankonsepmatematikaadalahkemampuan yang ditunjukkansiswadalammemahamigagasanatau ide-ide matematika yang salingterkaitsatusama lain sehinggaterbangunpemahamandalampembelajaranmatematika. Model pembelajaranInquiry adalahrangkaiankegiatanpembelajaran yang menekankanpada proses berpikirsecarakritisdananalitisuntukmencaridanmenemukansendirijawabandarisuatumasalah yang dipertanyakan. Congklakadalah media pembelajaranmatematika yang terbuatdarikayu yang dapatdigunakansebagaikonteksdalambelajarbilangan yang memuatdalammenghitungpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.Hipotesistindakandalampenelitianadalahpenggunaan model pembelajaranInquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulatsiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus dengansubjekpenelitian 18 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. Variabelbebasadalahmodel pembelajaran Inquiry berbantuan media congklak.Sedangkanvariabelterikatnyaadalahpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulat.Instrument penelitianiniadalahobservasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketerampilan guru dalampengelolaanpembelajarandenganmenggunakan model pembelajaranInquiry padasiklus I 3,01 (baik) menjadi 3,24 (baik) padasiklus II, didukungdenganpeningkatanaktivitassiswadalampembelejaranmatematikapadasiklus I 3 (baik) menjadi 3,21 (baik) siklus II. Pemahamankonsepmatematikasiswapadamaterioperasibilanganbulatmengalamipeningkatan yang signifikanantarasiklus I (61,1%), dansiklus II (77,8%). Hal itumembuktikanbahwapenggunaan model pembelajaranInquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulatkelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus dapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaran Inquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulatkelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Untukitudisarankandalampenerapan model pembelajaranInquiry, guru haruspenyampaiaanmateri yang jelasdankonkrit agar siswalebihmemahamikonsepmatematika yang di pelajari.