Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanbagaimanapeningkatanketerampilan guru dalammengelolapembelajaranmatematikamaterioperasibilanganbulat yang dilakukan guru padasiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus melalui model pembelajaranInquiry berbantuan media congklak, mendiskripsikanbagaimanaaktivitassiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus dalampembelajaranmeterioperasibilanganbulatmelalui model Inquiry berbantuan media congklak, menemukanapakah model pembelajaranInquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepoperasibilanganbulatsiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Pemahamankonsepmatematikaadalahkemampuan yang ditunjukkansiswadalammemahamigagasanatau ide-ide matematika yang salingterkaitsatusama lain sehinggaterbangunpemahamandalampembelajaranmatematika. Model pembelajaranInquiry adalahrangkaiankegiatanpembelajaran yang menekankanpada proses berpikirsecarakritisdananalitisuntukmencaridanmenemukansendirijawabandarisuatumasalah yang dipertanyakan. Congklakadalah media pembelajaranmatematika yang terbuatdarikayu yang dapatdigunakansebagaikonteksdalambelajarbilangan yang memuatdalammenghitungpenjumlahandanpenguranganbilanganbulat.Hipotesistindakandalampenelitianadalahpenggunaan model pembelajaranInquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulatsiswakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus dengansubjekpenelitian 18 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. Variabelbebasadalahmodel pembelajaran Inquiry berbantuan media congklak.Sedangkanvariabelterikatnyaadalahpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulat.Instrument penelitianiniadalahobservasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketerampilan guru dalampengelolaanpembelajarandenganmenggunakan model pembelajaranInquiry padasiklus I 3,01 (baik) menjadi 3,24 (baik) padasiklus II, didukungdenganpeningkatanaktivitassiswadalampembelejaranmatematikapadasiklus I 3 (baik) menjadi 3,21 (baik) siklus II. Pemahamankonsepmatematikasiswapadamaterioperasibilanganbulatmengalamipeningkatan yang signifikanantarasiklus I (61,1%), dansiklus II (77,8%). Hal itumembuktikanbahwapenggunaan model pembelajaranInquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulatkelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus dapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajaran Inquiry berbantuan media congklakdapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematikamaterioperasibilanganbulatkelas IV SD 3 NgembalKulon Kudus. Untukitudisarankandalampenerapan model pembelajaranInquiry, guru haruspenyampaiaanmateri yang jelasdankonkrit agar siswalebihmemahamikonsepmatematika yang di pelajari.