Daftar Isi:
  • PenelitianinidilatarbelakangirendahnyahasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelas IV SDN 7 BulungKulon, yang disebabkanguru masihmenggunakan model pembelajaranlangsungdanpembelajaranhanyaberpusatpada guru sehinggakeaktifansiswamasihkurang. TujuandaripenelitianiniyaituuntukmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelas IV danketerampilan guru dalammengelolapembelajaran. Think Pair Sharemerupakanpembelajarankooperatif yang menghendakisiswabekerjasalingmembantudalamkelompokkecildanmenghargaiadanyakerjasama.Hipotesispenelitianinidenganmenggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnsiswakelas IV SDN 7 BulungKulon yang didukungolehranahafektif, kognitifdanpsikomotorik. PenelitianTindakanKelasdilaksanakanpadasiswakelas IV SDN 7 BulungKulontahunpelajaran 2014/2015 yangberjumlah 19 orang, terdiridari 12 siswalaki-lakidan 7 siswaperempuan. Penelitiandilaksanakandalam 2 siklus, masing-masingterdiridari 2 pertemuan, setiappertemuanmelalui 4 tahapanyaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahwawancara, observasi, dokumentasi, dantes. Hasilpenelitianterbuktimenunjukkanadanyapeningkatan yang signifikanyaituhasilbelajarsiswaranah kognitifsiklus I memperolehpersentasesebesar 75,68% danmeningkat di siklus II menjadi 80,63%. Hasil belajar ranah afektif pada sikus I memperoleh persentasesebesar64,05%danmeningkat pada siklus II menjadi 66,38%. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I memperoleh persentasesebesar63,70%danmeningkat pada siklus II menjadi 68,80%. Keterampilan guru padasiklus I memperolehpersentasesebesar68,78% dengankriteriabaik (B)danmeningkat di siklus II menjadi90,62% dengankriteriasangatbaik (SB). Simpulanpenelitianiniyaitupenerapan model pembelajaranThink Pair SharedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaranPKnkelas IV SDN 7 BulungKulon. Saran dalampenelitianiniyaitusiswahendaknyamemperhatikanpenjelasan yang disampaikanoleh guru dengansungguh-sungguhterkaitlangkah-langkahpembelajaranThink Pair Share, guru hendaknyadalampembelajaranmemahamilangkah-langkahThink Pair Share, hasilpenelitiandapatmenjaditolakukurbagisekolah, kepalasekolahhendaknyamemfasilitasi guru agar dapatmenerapkan model pembelajaranThink Pair Sharedenganmaksimal.