Peningkatan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sd 5 Honggosoco Melalui Penerapan Model Example Non Example Berbantuan Media Kalender Pintar
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Example Non Example berbantu media kalender pintar pada pembelajaran IPS siswa kelas IV di SD 5 Honggososco. Dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya Model Example Non Example d berbantu media kalender pintar pada pembelajaran IPS siwa kelas IV di SDN 5 Honggosoco Jekulo Kudus. Hasil belajar IPS adalah hasil yang dikerjakan, dilakukan ataupun dipreroleh siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran yang dapat mengubah prilaku individu secara keseluruhan, yang meliputi pengetahuan (aspek kognitif), sikap (aspek afektif), dan ketrampilan (aspek psikomotorik). Model pembelajaran Example Non Example adalah model pembelajaran yang berfokus pada penggunanan kelompok kecil siswa untuk belajar berpikir kritis dengan menganalisis ataupun memecahkan permasalahan-permasalahan yang disajikan dalam bentuk contoh-contoh gambar sesuai dengan materi IPS. Media kalender pintar adalah suatu media pembelajaran yang mengggunakan kalender, dimana kalender ini berfungsi untuk sumber belajar siswa baik untuk menyampaikan materi maupun untuk menyajikan permasalahan dan berdiskusi Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 5 Honggosoco dengan subjek penelitian jumlah 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan , pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Example Non Example variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisi data yang digunakan merupakan analisis data diskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pengelolaan pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi dan Sumber Daya Alam dengan rata-rata pada siklus I 73,72 dan siklus II 85,93, peningkatan sebesar 12,21%, kemudian peningkatan signifikan juga terjadi pada hasil belajar ranah kognitif dengan rata-rata siklus I 76,46.dan siklus II 81,46 peningkatan sebesar 12% hasil belajar ranah afektif rata-rata siklus I 68,54 dan siklus II 78,85 peningkatan sebesar 10,31% hasil belajar ranah psikomotorik dengan rata-rata siklus I 71,04 dan siklus II 81,88 dengan peningkatan sebesar 10,84%. Kesimpulan penelitian dapat dijelaskan bahwa pernerapan model Example Non Example berbantu media kalender pintar pada materi kegiatan ekonomi dan sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN 5 Honggosoco Jekulo Kudus dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa bisa lebih aktif dan berani mengungkapkan pendapatnya. Guru hendaknya dapat memberikan proses pembelajaran yang kreatif dan melibatkan siswa dalam pembelajaran.