ctrlnum 6221
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penerapan Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Ips Materi Kegiatan Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kirig Kudus&#xD; </title><creator> Pramana, Dwi</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Hasil observasi awal penelitian terhadap pembelejaran IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Kirig dan hasil nilai UAS semester 1 menunjukan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa relatif rendah , ketuntasan hasil belajar klasikal yang diperoleh adalah 31,25%. Belum optimalnya hasil belajar siswa ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor anatara lain guru kurang menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga siswa cenderung pasif dan kurang atusias dalam pembelajaran. Peneliti mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Tujuan penelitian ini ialah: (1) Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus Tahun ajaran 2015/2016. (2) Menganalisis peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi melalui model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus Tahun ajaran 2015/2016.&#xD; Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pemebelajaran. Perubahan tingkah laku tersebut dapat dilihat dari aspek kognitif, afektik, dan psikomotorik. Model pembelajaran mind mapping adalah cara mencatat kreatif yang memunginkan seseorang menyusun fakta sesuai dengan cara kerja sehinga lebih mudah mengingat inforamsi. IPS adalah integrasi dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan sajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi. &#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus. Subjek penelitian yaitu kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Penilitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya ada Fase (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Data dianalisis secara analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukan hasil pembelajaran IPS melalui model Mind Mapping meningkat disetiap siklus. Presentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus 2 meningkat dari 43,75% pada siklus 1 menjadi 87,5% pada siklus 2. Presentase aktivitas belajar ranah efektif meningkat dari 67,96% pada siklus 1 menjadi 83,98% pada siklus 2. Sedangkan presentase aktivitas siswa ranah psikomotorik dari 58,46% pada siklus 1 menjadi 83,85% pada siklus 2. Observasi keterampilan guru juga meningkat dari 66,54% pada siklus 1 menjadi 88,31% pada siklus 2. &#xD; Kesimpulan penelitian ini dapat dijelaskan bahwa penerapan model Mind Mapping teruji dapat meningkatkan hasil belajar IPS, keterampilan guru mengelola pembelajaran, akitivitas siswa dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Kirig Mejobo Kudus. Saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru harus terus berusaha meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping yang dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa&#xD; </description><date>2016-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6221/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6221/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6221/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6221/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6221/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6221/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6221/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6221/8/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/6221/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Pramana, Dwi (2016) Penerapan Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Ips Materi Kegiatan Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kirig Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/6221/</relation><recordID>6221</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Pramana, Dwi
title Penerapan Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Ips Materi Kegiatan Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kirig Kudus
publishDate 2016
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/6221/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6221/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6221/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6221/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6221/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6221/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6221/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6221/8/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/6221/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/6221/
contents Hasil observasi awal penelitian terhadap pembelejaran IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Kirig dan hasil nilai UAS semester 1 menunjukan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa relatif rendah , ketuntasan hasil belajar klasikal yang diperoleh adalah 31,25%. Belum optimalnya hasil belajar siswa ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor anatara lain guru kurang menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga siswa cenderung pasif dan kurang atusias dalam pembelajaran. Peneliti mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Tujuan penelitian ini ialah: (1) Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus Tahun ajaran 2015/2016. (2) Menganalisis peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi melalui model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus Tahun ajaran 2015/2016. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pemebelajaran. Perubahan tingkah laku tersebut dapat dilihat dari aspek kognitif, afektik, dan psikomotorik. Model pembelajaran mind mapping adalah cara mencatat kreatif yang memunginkan seseorang menyusun fakta sesuai dengan cara kerja sehinga lebih mudah mengingat inforamsi. IPS adalah integrasi dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan sajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus. Subjek penelitian yaitu kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Penilitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya ada Fase (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Data dianalisis secara analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan hasil pembelajaran IPS melalui model Mind Mapping meningkat disetiap siklus. Presentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus 2 meningkat dari 43,75% pada siklus 1 menjadi 87,5% pada siklus 2. Presentase aktivitas belajar ranah efektif meningkat dari 67,96% pada siklus 1 menjadi 83,98% pada siklus 2. Sedangkan presentase aktivitas siswa ranah psikomotorik dari 58,46% pada siklus 1 menjadi 83,85% pada siklus 2. Observasi keterampilan guru juga meningkat dari 66,54% pada siklus 1 menjadi 88,31% pada siklus 2. Kesimpulan penelitian ini dapat dijelaskan bahwa penerapan model Mind Mapping teruji dapat meningkatkan hasil belajar IPS, keterampilan guru mengelola pembelajaran, akitivitas siswa dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Kirig Mejobo Kudus. Saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru harus terus berusaha meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping yang dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa
id IOS3090.6221
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2017-02-25T16:49:35Z
last_indexed 2017-04-08T05:26:20Z
recordtype dc
_version_ 1765996266165108736
score 16.845257