Daftar Isi:
  • Berdasarkanhasilobservasidanwawancaradengansejumlahsiswadanguruekstrataripadatanggal 3, 4, Dan 6 April 2015,Ditemukanada 10 Siswa Yang Memilikikepercayaandirirendah, Dengangejala-Gejalaketikamemperagakantariannyatampakcemas, Tegang, Grogi, Takutsalah, Takutmengecewakan Orang Lain, Takutdiremehkan, Takutdimarahi Guru, Keringatdinginbercucuransehinggagerakan-Gerakannyamenjadikacau. Rumusanmasalah: 1) Bagaimanakepercayaandirisiswaekstratarisebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompokteknik Modeling? 2) Bagaimanakahpenerapanlayananbimbingankelompokteknik Modeling Dalammeningkatkankepercayaandirisiswaekstratari?, 3) Berapakahpeningkatankepercayaandirisiswaekstratarisetelahmengikutilayananbimbingantingkatteknik Modeling?. Sedangkantujuanpenelitian; 1) Mendeskripsikantingkatkepercayaandirisiswaekstratarisebelumdansetelahpenerapanlayananbimbingankelompokteknik Modeling. 2) Mendeskripsikanpenerapanlayananbimbingankelompokteknik Modeling Dalamupayameningkatkankepercayaanpadasiswaekstratari. 3) Diperolehnyapeningkatankepercayaandirisiswaekstratarisetelahmengikutilayananbimbingankelompokteknik Modeling. Kegunaanpenelitian: 1) Kegunaanteoretis, Hasilpenelitianinidiharapkandapatbergunabagiilmupengetahuan, Khususnyabidangbimbingandankonseling, Menambahkhasanahpustakapendidikandansekaligussebagaibahanmasukanuntukpenelitiansejenisnya. 2) Kegunaanpraktis; A) Sebagaiacuanbagikepalasekolahdalammenentukankebijakandalampelaksanaanbimbingandankonseling Di Sekolah. B) Guru Bkdapatmemberikanlayananbimbingankelompokmelaluiteknikmodelinguntukmeningkatkankepercayaandirisiswa. C) Siswadapatmeningkatkankepercayaandiri. D) Penelitidapatmemanfaatkanhasilpenelitiansebagaisumberreferensikajianteoretisdalampenelitianlebihlanjut. Jenispenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatan Ptbkdalamduasiklus. Bertempat Di SMPN 1 Dawe, Kudus, Subyekpenelitian 10 Siswa.Variabelbebas: Layananbimbingankelompokteknik Modeling Danvariabelterikatkepercayaandiri. Teknikpengumpulan Data Wawancara, Observasi, Dandokumentasi.Analisis Data Penelitianmenggunakandeskriptifkomparatifantarsiklusdilanjutkanrefleksi. Hasilpenelitiankepercayaandirisiswaekstrataripadakondisiawaldalamkategorirendah (38%).Setelahdilaksanakanbimbingankelompokteknik Modeling Padasiklus I Pertemuanpertamadalamkategorirendah (44%), Pertemuankeduadalamkategorisedang (61%), Pertemuanketigadalamkategorisedang (64%).Padasiklus II Pertemuanpertamadalamkategorisedang (66%), Pertemuankeduadalamkategoritinggi (77%), Danpadapertemuanketigadalamkategorisangattinggi (91%). Simpulanpenelitianadalahmelaluibimbingankelompokteknik Modeling Dalamtiga Kali Pertemuandapatmeningkatkankepercayaandirisiswadarikondisiawaldalamkategorirendah (38%).Setelahdilaksanakanbimbingankelompokteknik Modeling Padasiklus I Meningkatdalamkategorisedang (64%), Padasiklus II Meningkatlagidalamkategorisangattinggi (91%).Disarankan: Acuankepalasekolahdalammenentukankebijakandlmpelaksanaanbimbingankelompokteknik Modeling, Acuanbagi Guru BK Untukmenerapkanteknik Modeling Untukmeningkatkankepercayaandirisiswa, Acuanbagisiswa Yang Kepercayaandirinyarendaguntukdapatmeningkatkankepercayaandirinya, Acuanbagipenelitiselanjutnyauntukmenerapkanteknik-Teknik Yang Berbedadalamupayameningkatkankepercayaandirisiswa.