Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis (1) pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru, (2) pengaruh gaji terhadap kinerja guru, (3) pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru (4) pengaruh kompetensi guru terhadap profesionalisme guru, (5) pengaruh gaji terhadap profesionalisme guru, (6) pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap profesionalisme guru dan pengaruh kinerja guru dengan profesionalsme guru SMK di Kabupaten Kudus. Penelitian ini dilakukan pada guru SMK di Kabupaten Kudus yang terakreditasi dan berstatus Guru Tetap yang berjumlah 327 orang, sedangkan sampel diambil sebanyak 100. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode stratified random sampling. Sumber data dalam penelitian adalah data primer yanag dikumpulkan langsung melalui pengisian kuesioner. Jenis variabel penelitian ini adalah variabel bebas atau eksogen yaitu kompetensi guru, gaji dan kepemimpinan dan varibel dependen atau endogen yaitu kinerja dan profesionalisme guru. Penghitungannya dengan menggunakan SEM, analisis dengan pengolahan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan variasi nilai kinerja guru dipengaruhi oleh variasi kompetensi guru, gaji dan kepemimpinan kepala sekolah sebesar 41,7%, Ketiganya memiliki pengaruh yang signifikan karena telah memenuhi syarat untuk penerimaan yaitu nilai CR yang lebih besar dari 1,96 dan probabilitas yang lebih kecil dari 0,05. Sedangkan profesionalisme guru dipengaruhi oleh variasi kompetensi guru, gaji, kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru sebesar 57,8%, Ketempatnya memiliki pengaruh yang signifikan karena telah memenuhi syarat untuk penerimaan yaitu nilai CR yang lebih besar dari 1,96 dan probabilitas yang lebih kecil dari 0,05, kecuali variabel gaji yang menunjukkan hasil yang tidak signifikan terhadap profesionalisme guru.