ctrlnum 5742
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>&#xD; Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Snowball Throwing&#xD; Kelas V Sd 4 Jekulo Kudus&#xD; &#xD; </title><creator>RINI, INTAN OCTAVA </creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Snowball Throwing dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 4 Jekulo Kudus.&#xD; Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada diri siswa untuk mencapai tujuan pendidikan dalam proses belajar mengajar yang terkait beberapa aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Snowball Throwing merupakan salah satu model pembelajaran yang mengarahkan perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan melalui pembelajaran kelompok dan permainan sehingga siswanya aktif. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas V SD 4 Jekulo.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggrat, yang berlangsung selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap penelitian yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 4 Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa yang teridri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS ranah kognitif siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan antara siklus I (51,7%), dan siklus II (79,3%). Didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 53,4% (kurang) menjadi 72,5% (baik) siklus II. Peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I 61,7% (cukup) menjadi 77,4% (baik) siklus II. Penerapan menggunakan pembelajaran model snowball throwing juga mengalami peningkatan pada siklus I 80% (sangat baik) menjadi 90% (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 4 Jekulo Kudus. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 4 Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 4 Jekulo Kudus. Saran untuk guru yaitu hendaknya menggunakan model snowball throwing sebagai referensi dalam memilih model pembelajaran, siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran, sekolah hendaknya menyediakan fasilitas dan sumber belajar yang memadai dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran.&#xD; &#x2003;&#xD; </description><date>2016-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5742/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5742/2/BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5742/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5742/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5742/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5742/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5742/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5742/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/5742/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>RINI, INTAN OCTAVA (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Snowball Throwing Kelas V Sd 4 Jekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/5742/</relation><recordID>5742</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author RINI, INTAN OCTAVA
title Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Snowball Throwing Kelas V Sd 4 Jekulo Kudus
publishDate 2016
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/5742/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5742/2/BAB_1.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5742/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5742/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5742/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5742/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5742/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5742/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/5742/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/5742/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Snowball Throwing dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 4 Jekulo Kudus. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada diri siswa untuk mencapai tujuan pendidikan dalam proses belajar mengajar yang terkait beberapa aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Snowball Throwing merupakan salah satu model pembelajaran yang mengarahkan perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan melalui pembelajaran kelompok dan permainan sehingga siswanya aktif. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas V SD 4 Jekulo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggrat, yang berlangsung selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap penelitian yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 4 Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa yang teridri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS ranah kognitif siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan antara siklus I (51,7%), dan siklus II (79,3%). Didukung dengan peningkatan hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 53,4% (kurang) menjadi 72,5% (baik) siklus II. Peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I 61,7% (cukup) menjadi 77,4% (baik) siklus II. Penerapan menggunakan pembelajaran model snowball throwing juga mengalami peningkatan pada siklus I 80% (sangat baik) menjadi 90% (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 4 Jekulo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 4 Jekulo Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD 4 Jekulo Kudus. Saran untuk guru yaitu hendaknya menggunakan model snowball throwing sebagai referensi dalam memilih model pembelajaran, siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran, sekolah hendaknya menyediakan fasilitas dan sumber belajar yang memadai dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran.
id IOS3090.5742
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:32Z
last_indexed 2017-04-08T05:26:09Z
recordtype dc
_version_ 1765996263092781056
score 16.845257