Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Kematangan Emosi Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas Xii Sma Nasional Pati
Main Author: | Suryani, Sri |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/556/1/HALAMAN_JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/556/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/556/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/556/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/556/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/556/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/556/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/556/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara dukungan sosial dan kematangan emosi dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa kelas XII. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang ada di SMA Nasional Pati dengan jumlah subyek 89 siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster sampling. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala kecemasan menghadapi ujian nasional, skala dukungan sosial dan skala kematangan emosi. Hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi dimana perhitungan menggunakan komputer dengan program SPSS 15,0 for windows, diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga rxy sebesar 0,393 dengan p sebesar 0,001 (p<0,01), yang artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial dan kematangan emosi dengan kecemasan menghadapi ujian nasional. Sumbangan efektif dukungan sosial dan kematangan emosi secara bersama-sama terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional sebesar 15,4%. Adapun sumbangan efektif dukungan sosial terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional sebesar 8,5% dan sumbangan efektif kematangan emosi terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional sebesar 1,4%.